Br. Marbun., Lely Verawaty (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pulau Rakyat. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. 8216182001 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. 8216182001 COVER.pdf
Download (26kB)
![[thumbnail of 2. 8216182001 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. 8216182001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of 3. 8216182001 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. 8216182001 ABSTRACT.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 4. 8216182001 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. 8216182001 PREFACE.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 5. 8216182001 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. 8216182001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 6. 8216182001 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. 8216182001 TABLES.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 7. 8216182001 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. 8216182001 ILLUSTRATION.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 8. 8216182001 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. 8216182001 APPENDICES.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 9. 8216182001 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. 8216182001 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 10. 8216182001 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. 8216182001 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 11. 8216182001 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. 8216182001 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 12. 8216182001 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. 8216182001 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 13. 8216182001 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. 8216182001 CHAPTER V.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 14. 8216182001 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. 8216182001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 15. 8216182001 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. 8216182001 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan terkait faktualitas rendahnya hasil belajar PPKn khususnya pada murid kelas VII dikarenakan pemilihan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Dengan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat diharapkan mampu memberikan pemahaman dan ketertarikan dalam diri murid sehingga muncul motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar PPKn kelompok murid yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan ekspositori, 2) perbedaan hasil belajar PPKn kelompok murid yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah, 3).interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Pulau Rakyat dengan sampel penelitian pada kelas VII. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2. Terdapat dua kelas dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen dengan murid kelas VII-1 dan kelas kontrol dengan murid kelas VII-4. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar PPKn dan data motivasi belajar murid kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Terdapat pengaruh strategi pembelajaran dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn yaitu inquiry learning lebih memberikan dampak dibandingkan dengan expository learning, 2. Terdapat pengaruh motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn yaitu motivasi belajar tinggi lebih memberikan dampak dibandingkan dengan motivasi belajar rendah, dan 3. terdapat interaksi pada strategi pmbelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn dengan F hitung 4,09. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran mampu menunjukkan hasil belajar dan motivasi pada murid secara positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Mar p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar PPKn. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 May 2024 07:26 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 10:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56674 |