Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V di SD Negeri 0901400 Dolok Saribu

Purba, Novridah Reanti (2023) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V di SD Negeri 0901400 Dolok Saribu. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8216181006 COVER.pdf] Text
1. 8216181006 COVER.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 2. 8216181006 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. 8216181006 APPROVAL SHEET.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of 3. 8216181006 ABSTRACT.pdf] Text
3. 8216181006 ABSTRACT.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 4. 8216181006 PREFACE.pdf] Text
4. 8216181006 PREFACE.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 5. 8216181006 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. 8216181006 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 6. 8216181006 TABLES.pdf] Text
6. 8216181006 TABLES.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8. 8216181006 CHAPTER I.pdf] Text
8. 8216181006 CHAPTER I.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of 12. 8216181006 CHAPTER V.pdf] Text
12. 8216181006 CHAPTER V.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 13. 8216181006 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. 8216181006 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran PPKn masih
menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran kurang
optimal. Serta permasalahan kemampuan anak sekolah dasar untuk
mengklasifikasikan sesuatu sudah ada, tetapi belum bisa memecahkan problemproblem
abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) berapa besar
pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan sosial siswa, (2) berapa
besar pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas
V SD Negeri 091400 Dolok Saribu, (3) apakah terdapat interaksi antara
keterampilan sosial dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 091400
Dolok Saribu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi
eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri
091400 Dolok Saribu Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas. Sampel
penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 0901400
dengan menggunakan Teknik sampel total sampling. Instrumen yang digunakan
yaitu angket keterampilan sosial dan tes hasil belajar PPKn kelas IV. Data yang
diperoleh lalu dianalisis menggunakan ANACOVA dan ANAVA pada program
spss 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) besar pengaruh model inkuiri
terbimbing terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV sebesar 0,912 atau 91,2%,
2) besar pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas
IV sebesar 0,891 atau 89,1%, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran
inkuiri terbimbing terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar PPKn siswa kelas
IV dengan nilai Fhitung sebesar 3,906 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372 Pur p
Keywords: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 May 2024 04:30
Last Modified: 13 May 2024 04:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56672

Actions (login required)

View Item
View Item