Purba, Novridah Reanti (2023) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V di SD Negeri 0901400 Dolok Saribu. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. 8216181006 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. 8216181006 COVER.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 2. 8216181006 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. 8216181006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (441kB)
![[thumbnail of 3. 8216181006 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. 8216181006 ABSTRACT.pdf
Download (275kB)
![[thumbnail of 4. 8216181006 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. 8216181006 PREFACE.pdf
Download (303kB)
![[thumbnail of 5. 8216181006 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. 8216181006 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 6. 8216181006 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. 8216181006 TABLES.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8. 8216181006 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. 8216181006 CHAPTER I.pdf
Download (627kB)
![[thumbnail of 9. 8216181006 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. 8216181006 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 10. 8216181006 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. 8216181006 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (830kB)
![[thumbnail of 11. 8216181006 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. 8216181006 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. 8216181006 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. 8216181006 CHAPTER V.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 13. 8216181006 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. 8216181006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (286kB)
![[thumbnail of 14. 8216181006 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. 8216181006 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran PPKn masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran kurang optimal. Serta permasalahan kemampuan anak sekolah dasar untuk mengklasifikasikan sesuatu sudah ada, tetapi belum bisa memecahkan problem problem abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) berapa besar pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan sosial siswa, (2) berapa besar pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 091400 Dolok Saribu, (3) apakah terdapat interaksi antara keterampilan sosial dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 091400 Dolok Saribu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091400 Dolok Saribu Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 0901400 dengan menggunakan Teknik sampel total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket keterampilan sosial dan tes hasil belajar PPKn kelas IV. Data yang diperoleh lalu dianalisis menggunakan ANACOVA dan ANAVA pada program spss 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) besar pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV sebesar 0,912 atau 91,2%, 2) besar pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV sebesar 0,891 atau 89,1%, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar PPKn siswa kelas IV dengan nilai Fhitung sebesar 3,906 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Pur p |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 May 2024 04:30 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 10:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56672 |