EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Gulo, Veronica (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192411010_Cover.pdf] Text
4192411010_Cover.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of 4192411010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192411010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 4192411010_Abstrak.pdf] Text
4192411010_Abstrak.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 4192411010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192411010_Kata_Pengantar.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 4192411010_Daftar_Isi.pdf] Text
4192411010_Daftar_Isi.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of 4192411010_BAB_I.pdf] Text
4192411010_BAB_I.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of 4192411010_BAB_V.pdf] Text
4192411010_BAB_V.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 4192411010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192411010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan pada Bulan Mei – Juni 2023 di SMP Negeri 16 Medan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi, dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 16 Medan dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 16 Medan. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tes diagnostik ditemukan hanya 5 (16,67%) siswa yang dinyatakan tuntas pemahaman konsep sedangkan 25 (83,33%) siswa lainnya belum tuntas. Data ini menunjukkan bahwa belum tercapainya ketuntasan klasikal. Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan tindakan kelas. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tes pemahaman konsep matematis siklus I ditemukan sebanyak 11 (36,67%) siswa tuntas sedangkan 19 (63,33%) siswa lainnya belum tuntas. Hasil ini menunjukkan belum tercapainya ketuntasan klasikal sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tes pemahaman konsep matematis siklus II ditemukan sebanyak 27 (90%) siswa tuntas sedangkan 3 (10%) siswa lainnya belum tuntas. Data ini menunjukkan bahwa sudah tercapainya ketuntasan belajar yaitu ≥ 70 secara individual dan 80% secara klasikal. Selain itu, pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa pada siklus II sudah berada pada kategori sangat baik serta respon siswa pada pembelajaran berada pada kategori sangat positif. Ini menunjukkan tercapainya keefektifan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Gul e
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Teams games tournament; Pemahaman konsep matematis; Ketuntasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 May 2024 04:00
Last Modified: 13 May 2024 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56658

Actions (login required)

View Item
View Item