PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 7 MEDAN

Siahaan, Sarah Maulida (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193311067_Cover.pdf] Text
4193311067_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4193311067_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311067_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of 4193311067_Abstrak.pdf] Text
4193311067_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4193311067_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311067_Kata_Pengantar.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4193311067_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311067_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4193311067_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193311067_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4193311067_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311067_Daftar_Tabel.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 4193311067_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311067_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4193311067_BAB_I.pdf] Text
4193311067_BAB_I.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 4193311067_BAB_V.pdf] Text
4193311067_BAB_V.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4193311067_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311067_Daftar_Pustaka.pdf

Download (203kB)

Abstract

Berkenaan dengan kurikulum linear programming, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPS-4 SMA Negeri 7 Medan. Seleksi acak dasar dan Desain Kelompok Kontrol Pretest dan Posttest keduanya digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini kelas XI IPS-4 dan XI IPS-2 masing-masing dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Baik pretest maupun posttest penyelidikan ini menggunakan alat tes.Tes perenang (untuk normalitas dan homogenitas) dan pengujian hipotesis digunakan dalam prosedur analisis data. Uji Independent Sample T-test digunakan untuk pengujian hipotesis. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar kelas ekpserimen masing-masing adalah 36,87 dan 84,60 dan pada kelas kontrol 35,60 dan 73,80. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa Keterampilan komunikasi matematis siswa kelas XI IPS-4 dipengaruhi oleh sisa teknik pembelajaran kooperatif two stray yang digunakan dalam kurikulum linear programming. Kapasitas siswa dalam menyampaikan konsep matematika mengalami peningkatan berdasarkan data sebelum dan sesudah tes. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis sebesar 76,4% terlihat pada siswa pada kelas eksperimen.sedangkan siswa pada kelompok kontrol meningkat sebesar 60,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Komunikasi kooperatif; Kemmpuan matematis; Model pemebelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 13 May 2024 02:48
Last Modified: 13 May 2024 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56645

Actions (login required)

View Item
View Item