GULTOM, NATASYA ADELIA (2023) PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 RONGGUR NIHUTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193141009_Cover.pdf
Download (88kB)
7193141009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (601kB)
7193141009_Kata_Pengantar.pdf
Download (267kB)
7193141009_Abstrak.pdf
Download (107kB)
7193141009_Daftar_Isi.pdf
Download (132kB)
7193141009_Daftar_Tabel.pdf
Download (77kB)
7193141009_Daftar_Gambar.pdf
Download (76kB)
7193141009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (77kB)
7193141009_BAB_I.pdf
Download (394kB)
7193141009_BAB_V.pdf
Download (157kB)
7193141009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (288kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Prokrastinasi Akademik dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 1 Ronggur Nihuta Tahun Ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 169 orang siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 119 siswa yang diambil berdasarkan teknik proporsionated random sampling. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui perumusan product moment sedangkan pengujian reliabilitas dilaksankan pada teknik cronbach alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukuran koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Prokrastinasi Akademik dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prestasi Belajar.
Adapun perolehan persamaan yang dapat dilakukan yaitu Y = = 51.338 - 0.122X1 + 0.213X2. Hasil pengujian hipotesis dapat diketahui secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial pada variabel Prokrastinasi Akademik (X1) diperoleh thitung sebesar sebesar -2.203 dengan demikian -thitung < -ttabel (-2.203 < -1.658) signifikan 0.03 < 0.05. Kedua, pada variabel Dukungan Sosial Orang Tua (X2) diperolah hasil perhitungan thitung sebesar 4.609 maka thitung > ttabel (4.609 > 1.658) signifikan 0.000 < 0.05. Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan juga didapatkan data sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 10.719 > Ftabel sebesar 3.07 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Oleh karena itu didapatkan pula perolehan data pada uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.156. Artinya,prokrastinasi akademik dan dukungan sosial orang tua secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 15.6% dan sisanya 84.4% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Prokrastinasi Akademik, Dukungan Sosial Orang Tua, Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 May 2024 03:37 |
Last Modified: | 18 May 2024 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56601 |