MEYLANI (2023) PENGARUH POTENSI DIRI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGGAL TA. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7163143020_Cover.pdf
Download (77kB)
7163143020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (434kB)
7163143020_Kata_Pengantar.pdf
Download (165kB)
7163143020_Abstrak.pdf
Download (143kB)
7163143020_Daftar_Isi.pdf
Download (259kB)
7163143020_Daftar_Tabel.pdf
Download (191kB)
7163143020_Daftar_Gambar.pdf
Download (54kB)
7163143020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (83kB)
7163143020_BAB_I.pdf
Download (479kB)
7163143020_BAB_V.pdf
Download (175kB)
7163143020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (145kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya Minatnya melanjutkan studi ke perguruan tinggi kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal TA. 2022/2023. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Potensi Diri dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal TA. 2022/2023.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah SMA Negeri 1 Sunggal TA. 2022/2023 Alamat Jl, Sei Mencirim, Kec. Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20351. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial yang berjumlah 98 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Total Sampling karena populasi kurang dari 100. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 60 butir pernyataan. Sementara Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji Linearitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Potensi Diri (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi siswa dengan di dapatkan nilai thitung 6,026 > ttabel 1,985 dengan taraf signifikan α 0,000 < 0,05. Sama halnya dengan variabel Status Sosial Ekonomi Orang Tua (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi siswa dengan nilai thitung 3,302 > ttabel 1,985 dengan taraf signifikan α 0,001 < 0,05. Secara simultan variabel Potensi Diri dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi siswa dengan nilai fhitung sebesar 23,645 > ftabel 3,09 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Variabel bebas dalam penelitian ini mempunyai kontribusi sebesar 33,2% terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Potensi Diri, Status Sosial Ekonomi, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2024 05:01 |
Last Modified: | 12 May 2024 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56573 |