PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KUIS BERBASIS KAHOOT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI MPLB DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024

INDRIANI, MAYANGSARI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KUIS BERBASIS KAHOOT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI MPLB DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7191144006_Cover.pdf] Text
7191144006_Cover.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 7191144006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7191144006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 7191144006_Kata_Pengantar.pdf] Text
7191144006_Kata_Pengantar.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 7191144006_Abstrak.pdf] Text
7191144006_Abstrak.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 7191144006_Daftar_Isi.pdf] Text
7191144006_Daftar_Isi.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 7191144006_Daftar_Tabel.pdf] Text
7191144006_Daftar_Tabel.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 7191144006_Daftar_Gambar.pdf] Text
7191144006_Daftar_Gambar.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 7191144006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7191144006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 7191144006_BAB_I.pdf] Text
7191144006_BAB_I.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of 7191144006_BAB_V.pdf] Text
7191144006_BAB_V.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 7191144006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7191144006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (522kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar OTK Humas dan Keprotokolan yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kuis berbasis kahoot dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan kelas XI MPLB Di SMK Negeri 1 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jalan Sindoro No. 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB sebanyak 139 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas XI MPLB 1 dan XI MPLB 2 sebanyak 69 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes soal hasil belajar dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas adalah Kolmogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji f (Levene), sedangkan uji hipotesis menggunakan Anava Dua Jalur, Analisis Regresi Linear, Uji T, Uji F, Uji Koefisien Determinasi R2 pada SPSS versi 26. Hasil analisis data diperoleh rerata pretest siswa kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut = 58,82 dengan SD = 8.444 dan 58,29 dengan SD = 8.907, sedangkan nilai rerata posttest setelah menggunakan aplikasi kahoot = 83,97 dengan SD = 10.715, dan powerpoint = 75,14, dengan SD = 9.274. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar siswa yang menggunakan kahoot dan minat belajar = 75,20 lebih besar dari hasil belajar siswa yang menggunakan powerpoint dan minat belajar = 66,53 dengan nilai sig. 0,011, dalam hal ini hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan media kuis berbasis kahoot dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan kelas XI MPLB Di SMK Negeri 1 Medan T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aplikasi Kahoot, Minat Belajar, Hasil Belajar OTK Humas dan Keprotokolan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 May 2024 04:42
Last Modified: 12 May 2024 04:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56567

Actions (login required)

View Item
View Item