INDRIANI, MAYANGSARI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KUIS BERBASIS KAHOOT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI MPLB DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191144006_Cover.pdf
Download (225kB)
7191144006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (316kB)
7191144006_Kata_Pengantar.pdf
Download (359kB)
7191144006_Abstrak.pdf
Download (244kB)
7191144006_Daftar_Isi.pdf
Download (332kB)
7191144006_Daftar_Tabel.pdf
Download (242kB)
7191144006_Daftar_Gambar.pdf
Download (216kB)
7191144006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (213kB)
7191144006_BAB_I.pdf
Download (772kB)
7191144006_BAB_V.pdf
Download (242kB)
7191144006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (522kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar OTK Humas dan Keprotokolan yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kuis berbasis kahoot dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan kelas XI MPLB Di SMK Negeri 1 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jalan Sindoro No. 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB sebanyak 139 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas XI MPLB 1 dan XI MPLB 2 sebanyak 69 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes soal hasil belajar dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas adalah Kolmogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji f (Levene), sedangkan uji hipotesis menggunakan Anava Dua Jalur, Analisis Regresi Linear, Uji T, Uji F, Uji Koefisien Determinasi R2 pada SPSS versi 26. Hasil analisis data diperoleh rerata pretest siswa kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut = 58,82 dengan SD = 8.444 dan 58,29 dengan SD = 8.907, sedangkan nilai rerata posttest setelah menggunakan aplikasi kahoot = 83,97 dengan SD = 10.715, dan powerpoint = 75,14, dengan SD = 9.274. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar siswa yang menggunakan kahoot dan minat belajar = 75,20 lebih besar dari hasil belajar siswa yang menggunakan powerpoint dan minat belajar = 66,53 dengan nilai sig. 0,011, dalam hal ini hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan media kuis berbasis kahoot dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan kelas XI MPLB Di SMK Negeri 1 Medan T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aplikasi Kahoot, Minat Belajar, Hasil Belajar OTK Humas dan Keprotokolan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2024 04:42 |
Last Modified: | 12 May 2024 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56567 |