PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Panggabean, Melda (2023) PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171121018_Cover.pdf] Text
4171121018_Cover.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4171121018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171121018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4171121018_Abstrak.pdf] Text
4171121018_Abstrak.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 4171121018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171121018_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4171121018_Daftar_Isi.pdf] Text
4171121018_Daftar_Isi.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4171121018_Daftar_Tabel.pdf] Text
4171121018_Daftar_Tabel.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4171121018_Daftar_Gambar.pdf] Text
4171121018_Daftar_Gambar.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 4171121018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4171121018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4171121018_BAB_I.pdf] Text
4171121018_BAB_I.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 4171121018_BAB_V.pdf] Text
4171121018_BAB_V.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4171121018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171121018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar pada materi Suhu dan Kalor di kelas XI SMAN 1 Sibolangit T.P 2022/2023. Jenis penelitan yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Sibolangit. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang dan XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa. Pada penguiian normalitas nilai pretest pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung <Ltabel , maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung <Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model discovery learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang diperoleh lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil uji t diperoleh thitung >ttabel maka ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI SMAN 1 Sibolangit T.P 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran, discovery learning, suhu dan kalor, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 12 May 2024 04:44
Last Modified: 12 May 2024 04:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56566

Actions (login required)

View Item
View Item