Panggabean, Melda (2023) PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
4171121018_Cover.pdf
Download (293kB)
4171121018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4171121018_Abstrak.pdf
Download (261kB)
4171121018_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4171121018_Daftar_Isi.pdf
Download (147kB)
4171121018_Daftar_Tabel.pdf
Download (193kB)
4171121018_Daftar_Gambar.pdf
Download (115kB)
4171121018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (195kB)
4171121018_BAB_I.pdf
Download (451kB)
4171121018_BAB_V.pdf
Download (147kB)
4171121018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (352kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar pada materi Suhu dan Kalor di kelas XI SMAN 1 Sibolangit T.P 2022/2023. Jenis penelitan yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Sibolangit. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang dan XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa. Pada penguiian normalitas nilai pretest pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung <Ltabel , maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung <Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model discovery learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang diperoleh lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil uji t diperoleh thitung >ttabel maka ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI SMAN 1 Sibolangit T.P 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran, discovery learning, suhu dan kalor, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 12 May 2024 04:44 |
Last Modified: | 12 May 2024 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56566 |