BR MANULANG, MAYA DUMA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEER TEACHING METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X SMKS ROKITA SARI 2 T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193144004_Cover.pdf
Download (58kB)
7193144004_Kata_Pengantar.pdf
Download (877kB)
7193144004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (780kB)
7193144004_Abstrak.pdf
Download (87kB)
7193144004_Daftar_Isi.pdf
Download (97kB)
7193144004_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
7193144004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (280kB)
7193144004_BAB_I.pdf
Download (449kB)
7193144004_BAB_V.pdf
Download (124kB)
7193144004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (277kB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam konteks penelitian ini adalah adanya tantangan dalam mencapai tingkat hasil belajar yang memadai pada siswa. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berkolaborasi dengan metode Peer Teaching terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Korespondensi di kelas X SMKS Rokita Sari 2 Bangun Purba pada tahun akademik 2022/2023.
Riset ini menggunakan metode eksperimen dengan melibatkan penggabungan model pembelajaran yang diterapkan kepada kelompok sampel yang diuji. Populasi yang menjadi fokus kajian adalah siswa dari kelas X Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMKS Rokita Sari 2 Bangun Purba, dengan jumlah peserta sebanyak 20 siswa dalam satu kelas. Untuk pengambilan sampel, digunakan pendekatan Non Probability Sampling, di mana seluruh anggota populasi menjadi bagian dari sampel.Kelas X yang menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, menerapkan pendekatan pembelajaran berupa Model Pembelajaran Problem Based Learning yang dilengkapi dengan metode Peer Teaching. Sebelum dilakukan uji coba, alat ukur tes diuji terlebih dahulu melalui validitas, reliabilitas, analisis tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Adapun analisis data dalam penelitian ini mencakup perhitungan rata-rata (mean), standar deviasi, pengujian distribusi normalitas, pemeriksaan homogenitas, serta pengujian hipotesis.
Hasil analisis data memperlihatkan bahwa skor rata-rata pre-test kelas kontrol dan eksperimen sebesar 31, sedangkan nilai post-test sebesar 80,25 dengan standar deviasi masing-masing 10,46 dan 7,52. Berdasarkan uji t, diperoleh t-hitung sebesar 5,400 yang lebih besar daripada t-tabel sebesar 1,684. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan Peer Teaching Method memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Korespondensi kelas X di SMKS Rokita Sari 2 Bangun Purba pada tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan Peer Teaching Method, Hasil Belajar Korespondensi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2024 04:37 |
Last Modified: | 12 May 2024 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56565 |