PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEJURUAN DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN KELAS X TAHUN PELAJARAN 2022/2023

BR DAMANIK, LIDIA ELTIATIRA (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEJURUAN DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN KELAS X TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7163344020_Cover.pdf] Text
7163344020_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 7163344020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7163344020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 7163344020_Kata_Pengantar.pdf] Text
7163344020_Kata_Pengantar.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 7163344020_Abstrak.pdf] Text
7163344020_Abstrak.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 7163344020_Daftar_Isi.pdf] Text
7163344020_Daftar_Isi.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 7163344020_Daftar_Tabel.pdf] Text
7163344020_Daftar_Tabel.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 7163344020_Daftar_Gambar.pdf] Text
7163344020_Daftar_Gambar.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 7163344020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7163344020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 7163344020_BAB_I.pdf] Text
7163344020_BAB_I.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 7163344020_BAB_V.pdf] Text
7163344020_BAB_V.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 7163344020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7163344020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Karakter Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kejuruan Di SMK Swasta Jambi Medan Kelas X Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini melibatkan 62 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, hasil uji t (parsial) Pendidikan Karakter (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa (Y) dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (2,095 > 2,000), serta nilai signifikansi < 0,05 (0,001 < 0,05). Kemudian Motivasi Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa (Y) dengan perolehan nilai thitung > ttabel (2,933> 2,000), serta nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Untuk hasil uji f (Simultan) mendapatkan hasil bahwa FHitung > FTabel yaitu (4,179 > 3,15). Dengan perolehan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar R2 = 0,469 atau 46,9% variabel X mempengaruhi variabel Y dan sisanya sebesar 53,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Karakter dan Motivasi Belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 May 2024 02:59
Last Modified: 12 May 2024 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56550

Actions (login required)

View Item
View Item