SINAGA, KRISSANTA LESMARIA (2023) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEPEGAWAIAN KELAS XI OTKP SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193344006_Cover.pdf
Download (119kB)
7193344006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (552kB)
7193344006_Abstrak.pdf
Download (275kB)
7193344006_Daftar_Isi.pdf
Download (249kB)
7193344006_Daftar_Tabel.pdf
Download (114kB)
7193344006_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
7193344006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (113kB)
7193344006_BAB_I.pdf
Download (424kB)
7193344006_BAB_V.pdf
Download (209kB)
7193344006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (172kB)
7193344006_BAB_I.pdf
Download (424kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang kurang optimal pada mata pelajaran kepegawaian kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kepegawaian di SMK Negeri 6 Medan T.P 2023/2024. Penelitian ini berjenis penelitian yaitu ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan Tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswanya 137 orang. Penelitian ini dilakukan secara simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 57 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi serta kuesioner. Teknik analisis data diantaranya analisis regresi linear berganda dan agar menjawab kebenaran hipotesis digunakan uji -t, uji F serta uji R2 dengan pengolahan data menggunakan bantuan SPSS versi 23.
Melalui hasil analisis data dihasilkan persamaan regresi linear berganda Y= 11,071 + 0,298X1 + 0,453X2 selanjutnya hasil penelitian menggambarkan hasil uji persial (uji t). Keterampilan mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung ˃ttabel (3.099 ˃ 1,673) untuk nilai signifikan (0.003 ˂ 0,05) Dan variabel kreativitas belajar juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dan nilai thitung ˃ttabel (4,862˃1,673) dengan nilai sig (0,000,˂0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan mengajar (X1) dan kreativitas belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) pada mata Pelajaran kepegawaian SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Selanjutnya secara simultasn (uji-F) terdapat pengaruh keterampilan mengajar dan kreativitas belajar yang positif serta signifikan terhadap hasil belajar dengan Fhitung ˃Ftabel (13.246 ˃ 3,18). Nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0,329. Dapat disimpulkan sumbangan keterampilan mengajar dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa yaitu 32,9% dan sisanya 67,1% dipengaruhi variabel faktor lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | keterampilan mengajar, kreativitas belajar dan hasil belajar siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 May 2024 01:30 |
Last Modified: | 14 May 2024 01:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56542 |