PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI SMARTAPPS CREATOR 3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Khairiyah, Rasyiqah Nurul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI SMARTAPPS CREATOR 3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4163311052_Cover.pdf] Text
4163311052_Cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4163311052_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4163311052_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 4163311052_Abstrak.pdf] Text
4163311052_Abstrak.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4163311052_Kata_Pengantar.pdf] Text
4163311052_Kata_Pengantar.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4163311052_Daftar_Isi.pdf] Text
4163311052_Daftar_Isi.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 4163311052_Daftar_Gambar.pdf] Text
4163311052_Daftar_Gambar.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 4163311052_Daftar_Tabel.pdf] Text
4163311052_Daftar_Tabel.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 4163311052_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4163311052_Daftar_Lampiran.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4163311052_BAB_I.pdf] Text
4163311052_BAB_I.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 4163311052_BAB_V.pdf] Text
4163311052_BAB_V.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 4163311052_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4163311052_Daftar_Pustaka.pdf

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dimana model ini meliputi tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Sampel dari penelitian adalah 32 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitan adalah angket validasi media dan materi, angket respon siswa, tes kemampuan awal pemecahan masalah matematis (pretest) dan tes kemampuan akhir pemecahan masalah matematis(posttest). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah valid dengan rincian nilai rata-rata validasi media 4,63 dengan kategori sangat layak dan validasi materi dengan rata-rata nilai 4,69 dengan kategori sangat layak. Sementara nilai rata-rata kepraktisan media adalah 3,80 dengan kategori sangat praktis Aplikasi pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok yang dikembangkan sudah efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan yakni : (a) Tercapainya ketuntasan indikator/tujuan pembelajaran peserta didik dimana sebanyak 83,87% siswa dinyatakan tuntas dan mencapai nilai diatas kriteria ketuntasan minimum yakni 75; (b) Waktu yang digunakan tidak melebihi waktu yang pembelajaran biasa/efisien; dan (c) Respon siswa 95,05% positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aplikasi smart creator; Pemecahan masalah siswa; Kategori praktis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 08 May 2024 08:08
Last Modified: 08 May 2024 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56502

Actions (login required)

View Item
View Item