Siregar, Rahmita Wani (2023) IMPLEMENTASI EVENT DRIVEN PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191121033_Cover.pdf
Download (217kB)
4191121033_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (247kB)
4191121033_Abstrak.pdf
Download (238kB)
4191121033_Kata_Pengantar.pdf
Download (223kB)
4191121033_Daftar_Isi.pdf
Download (268kB)
4191121033_Daftar_Gambar.pdf
Download (598kB)
4191121033_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
4191121033_Daftar_Lampiran.pdf
Download (327kB)
4191121033_BAB_I.pdf
Download (375kB)
4191121033_BAB_V.pdf
Download (212kB)
4191121033_Daftar_Pustaka.pdf
Download (264kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan event driven pada model problem based learning pada materi usaha dan energi terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan desain prestest-posttest control group. Populasi penelitian seluruh kelas X SMA Negeri 16 Medan T.P 2022/2023 dan sampel penelitian ini kelas X-3 (kelas kontrol) dan kelas X-8 (kelas eksperimen).Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan angket minat belajar dan tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 70,5 dengan kategori aktif, rata-rata minat belajar siswa sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan adalah sebesar 47,16 dengan kategori kurang baik dan 71,16 dengan kategori baik
sedangkan rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 33,83 dan 79,66 dan untuk kelas kontrol sebesar 44,16 dan 67,66. Hasil penelitian
yang didapatkan minat dan hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar siswa; Usaha dan energi; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 08 May 2024 07:33 |
Last Modified: | 08 May 2024 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56497 |