IMPLEMENTASI EVENT DRIVEN PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN

Siregar, Rahmita Wani (2023) IMPLEMENTASI EVENT DRIVEN PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191121033_Cover.pdf] Text
4191121033_Cover.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4191121033_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121033_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4191121033_Abstrak.pdf] Text
4191121033_Abstrak.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4191121033_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121033_Kata_Pengantar.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4191121033_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121033_Daftar_Isi.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 4191121033_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191121033_Daftar_Gambar.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of 4191121033_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191121033_Daftar_Tabel.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4191121033_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191121033_Daftar_Lampiran.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 4191121033_BAB_I.pdf] Text
4191121033_BAB_I.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 4191121033_BAB_V.pdf] Text
4191121033_BAB_V.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4191121033_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan event driven pada model problem based learning pada materi usaha dan energi terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan desain prestest-posttest control group. Populasi penelitian seluruh kelas X SMA Negeri 16 Medan T.P 2022/2023 dan sampel penelitian ini kelas X-3 (kelas kontrol) dan kelas X-8 (kelas eksperimen).Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan angket minat belajar dan tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 70,5 dengan kategori aktif, rata-rata minat belajar siswa sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan adalah sebesar 47,16 dengan kategori kurang baik dan 71,16 dengan kategori baik
sedangkan rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 33,83 dan 79,66 dan untuk kelas kontrol sebesar 44,16 dan 67,66. Hasil penelitian
yang didapatkan minat dan hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar siswa; Usaha dan energi; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 08 May 2024 07:33
Last Modified: 08 May 2024 07:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56497

Actions (login required)

View Item
View Item