Limbong, Rachel Wandira (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192331001_Cover.pdf
Download (75kB)
4192331001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (668kB)
4192331001_Abstrak.pdf
Download (242kB)
4192331001_Kata_Pengantar.pdf
Download (493kB)
4192331001_Daftar_Isi.pdf
Download (736kB)
4192331001_Daftar_Tabel.pdf
Download (79kB)
4192331001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (168kB)
4192331001_BAB_I.pdf
Download (302kB)
4192331001_BAB_V.pdf
Download (59kB)
4192331001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (196kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh pembelajaran model Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui ranah kognitif mana yang paling berkembang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA. Sampel diambil secara acak sebanyak 36 siswa di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes. Instrument tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pre-test dan post-test. Instrument tes yang digunakan adalah tes objektif dengan jumlah soal sebanyak 30 butir untuk menguji tingkat kemapuan kognitif siswa yaitu C1 (pengetahuan), C2 (pemahaman), C3 (pengaplikasian), dan C4 (analisis). Hasil PBL menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan nilai tes. Dimana nilai rata – rata pretes hanya sebsar 62,94 sedangkan rata – rata nilai post-test sebesar 80,42.Data terlebih dahulu di uji normalitasnya, dimana hasil yang didapat kelas tersebut berdistribusi normal. Pada pengujian data melalui program SPSS 22,0 for Windows, jika sig( 2-tailed) maka Ha diterima. Sedangkan jika sig( 2-tailed maka Ha ditolak. Dari hasil pengujian untuk hipotesis pertama ,dimana nilai sig yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00,sehingga dapat di simpulkan bahwa hipotesis pertama diterima. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi larutan penyangga. Dari hasil pengujian untuk hipotesis kedua ,dimana nilai sig yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00,sehingga dapat di simpulkan bahwa hipotesis kedua diterima. Artinya rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan model Problem Based Learning (PBL) jauh lebih tinggi dari 75. Berdasarkan hal tersebut maka pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning mampu meningkatkan pengetahuan materi larutan penyangga pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Larutan penyangga; Kimia; Model pembelajarn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 08 May 2024 07:10 |
Last Modified: | 08 May 2024 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56495 |