PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI REAKSI REDOKS

Rambe, Julianda Haripah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191131028_Cover.pdf] Text
4191131028_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4191131028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191131028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of 4191131028_Abstrak.pdf] Text
4191131028_Abstrak.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4191131028_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191131028_Kata_Pengantar.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 4191131028_Daftar_Isi.pdf] Text
4191131028_Daftar_Isi.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4191131028_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191131028_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4191131028_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191131028_Daftar_Gambar.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 4191131028_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191131028_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 4191131028_BAB_I.pdf] Text
4191131028_BAB_I.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 4191131028_BAB_V.pdf] Text
4191131028_BAB_V.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4191131028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191131028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (208kB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang berkaitan dengan redahnya hasil belajar siswa pada materi kimia adalah kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Materi redoks merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa karena menuntut pemahaman konsep yang mendalam dan banyak perhitungan sehingga dibutuhkan pemahaman yang mendalam untuk mempelajarinya. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan lectora inspire pada materi reaksi redoks. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Negeri 1 Batang Kuis di kelas X IPA 5 sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu: analysis, design, development, implementation,
dan evaluation. Analisis kebutuhan dilakukan pada tahapan analisis menggunakan lembar wawancara dan angket analisis kebutuhan siswa. Selanjutnya media pembelajaran berbantuan lectora inspire didesain dan dikembangkan. Media yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli media yang sekaligus sebagai validator ahli materi sebanyak 3 dosen kimia UNIMED dengan memberikan angket yang berdasarkan kriteria mengikuti Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), yaitu kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Selain itu untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan soal pre-test dan post-test. Hasil
penelitian pada tahapan analisis diperoleh dalam proses pembelajaran kimia pada siswa masih cenderung merasa kesulitan dalam memahami konsep dan perhitungan pada pembelajaran kimia serta siswa mengganggap kimia merupakan mata pelajaran yang membosankan. Selain itu, hasil penilaian ahli materi dan media diperoleh dengan persentase rata-rata 92 dan 90 persen, berturut-turut dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil belajar ditemukan dari rata-rata nilai N-GAIN yang diperoleh 0,7 dengan kategori “sedang” dimana nilai rata-rata pre-test dan post-test 35,33 dan 80,33, berturut- turut telah memenuhi KKM ≥75. Dengan demikian, media pembelajaran berbantuan lectora inspire pada materi reaksi redoks telah memenuhi kriteria standar BSNP dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, lectora inspire, reaksi redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 May 2024 04:54
Last Modified: 08 May 2024 04:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56492

Actions (login required)

View Item
View Item