Rambe, Julianda Haripah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191131028_Cover.pdf
Download (69kB)
4191131028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (638kB)
4191131028_Abstrak.pdf
Download (169kB)
4191131028_Kata_Pengantar.pdf
Download (234kB)
4191131028_Daftar_Isi.pdf
Download (84kB)
4191131028_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
4191131028_Daftar_Gambar.pdf
Download (56kB)
4191131028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (56kB)
4191131028_BAB_I.pdf
Download (260kB)
4191131028_BAB_V.pdf
Download (58kB)
4191131028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (208kB)
Abstract
Salah satu permasalahan yang berkaitan dengan redahnya hasil belajar siswa pada materi kimia adalah kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Materi redoks merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa karena menuntut pemahaman konsep yang mendalam dan banyak perhitungan sehingga dibutuhkan pemahaman yang mendalam untuk mempelajarinya. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan lectora inspire pada materi reaksi redoks. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Negeri 1 Batang Kuis di kelas X IPA 5 sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu: analysis, design, development, implementation,
dan evaluation. Analisis kebutuhan dilakukan pada tahapan analisis menggunakan lembar wawancara dan angket analisis kebutuhan siswa. Selanjutnya media pembelajaran berbantuan lectora inspire didesain dan dikembangkan. Media yang dikembangkan divalidasi oleh validator ahli media yang sekaligus sebagai validator ahli materi sebanyak 3 dosen kimia UNIMED dengan memberikan angket yang berdasarkan kriteria mengikuti Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), yaitu kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Selain itu untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan soal pre-test dan post-test. Hasil
penelitian pada tahapan analisis diperoleh dalam proses pembelajaran kimia pada siswa masih cenderung merasa kesulitan dalam memahami konsep dan perhitungan pada pembelajaran kimia serta siswa mengganggap kimia merupakan mata pelajaran yang membosankan. Selain itu, hasil penilaian ahli materi dan media diperoleh dengan persentase rata-rata 92 dan 90 persen, berturut-turut dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil belajar ditemukan dari rata-rata nilai N-GAIN yang diperoleh 0,7 dengan kategori “sedang” dimana nilai rata-rata pre-test dan post-test 35,33 dan 80,33, berturut- turut telah memenuhi KKM ≥75. Dengan demikian, media pembelajaran berbantuan lectora inspire pada materi reaksi redoks telah memenuhi kriteria standar BSNP dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, media pembelajaran, lectora inspire, reaksi redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 08 May 2024 04:54 |
Last Modified: | 08 May 2024 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56492 |