Hidayanti, Nurul (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH ALIYAH TP 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191121026_Cover.pdf
Download (41kB)
4191121026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (950kB)
4191121026_Abstrak.pdf
Download (478kB)
4191121026_Kata_Pengantar.pdf
Download (236kB)
4191121026_Daftar_Isi.pdf
Download (353kB)
4191121026_Daftar_Gambar.pdf
Download (191kB)
4191121026_Daftar_Tabel.pdf
Download (194kB)
4191121026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (194kB)
4191121026_BAB_I.pdf
Download (504kB)
4191121026_BAB_V.pdf
Download (220kB)
4191121026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (355kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis etnosains. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA terdiri dari 3 kelas berjumlah 94 siswa. Pemilihan sampel dengan cara cluster random sampling diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini yaitu tes keterampilan berpikir kritis berbentuk essai sebanyak 15 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 30,26 dan kelas eksperimen yaitu 31,14. Pengujian normalitas dan homogenitas pada kedua kelas diperoleh data kedua kelas berdistribusi normal dan varians homogen. selanjutnya dilakukan uji hipotesis pada data pretes dengan menggunakan uji t dua pihak dengan �=0,05 diperoleh bahwa thitung< ttabel (0,70 < 1,99) maka H0 diterima. Artinya, kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. setelah diberikan perlakuan yang berbeda maka didapatkan rata-rata posttes kelas kontrol yaitu 65,06 dan kelas eksperimen yaitu 80,6. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak pada data posttes dengan �=0,05 diperoleh bahwa thitung > ttabel (5,23 > 1,66) maka H0 diterima. Artinya penerapan model PBL berbasis etnosains memberikan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Pada kelas eksperimen memiliki skor N-Gain rata-rata sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Sedangkan kelas kontrol memiliki skor N-Gain rata-rata sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Dengan adanya perbedaan N-Gain tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model PBL berbasis etnosains pada materi gelombang bunyi di kelas XI IPA Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Hessa Air Genting semester genap TP 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan berfikir; Pemilihan sampel; Gelombnag bunyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 08 May 2024 02:33 |
Last Modified: | 08 May 2024 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56481 |