Tambunan, Jojor Sihol Marito (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOT (HIGHER ORDER THINKING) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 SIBOLANGIT T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173321025_Cover.pdf
Download (139kB)
4173321025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (142kB)
4173321025_Abstrak.pdf
Download (229kB)
4173321025_Kata_Pengantar.pdf
Download (166kB)
4173321025_Daftar_Isi.pdf
Download (259kB)
4173321025_Daftar_Tabel.pdf
Download (146kB)
4173321025_Daftar_Gambar.pdf
Download (128kB)
4173321025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (119kB)
4173321025_BAB_I.pdf
Download (310kB)
4173321025_BAB_V.pdf
Download (200kB)
4173321025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (237kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis HOT (Higher Order Thinking) yang memenuhi aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D oleh Thiagarajan. Tahap – tahap yang dilakukan meliputi tahap define, design, develop, and disseminate. Uji kelompok kecil dilakukan pada 10 peserta didik dan uji kelompok besar yang dilakukan pada 30 peserta didik di kelas XI MIA 1 di SMA Negeri 1 Sibolangit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh instrumen tes berbasis HOT (Higher Order Thinking) pada materi usaha dan energi sebanyak 10 soal yang layak digunakan, dengan hasil uji validasi ahli diperoleh 86,6% item valid, hasil uji skala kecil diperoleh 83% item valid, reliabilitas tes sebesar 0,84 dengan kategori korelasi tinggi, tingkat kesukaran tes dengan kategori sedang 100%, daya pembeda tes dengan kategori baik 80% dan cukup 20%. Hasil uji skala besar diperoleh reliabilitas tes sebesar 0,79 dengan kategori korelasi tinggi, tingkat kesukaran tes dengan kategori sedang 70%, mudah 20%, dan sukar 10%, daya pembeda tes dengan kategori cukup 60% dan baik 40%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan pengembangan; Instrumen Tes; HOT (Higher Order Thinking) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 07 May 2024 09:31 |
Last Modified: | 07 May 2024 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56465 |