Sipahutar, Nurhalimah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VEKTOR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4173321038_Cover.pdf
Download (70kB)
4173321038_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (347kB)
4173321038_Abstrak.pdf
Download (86kB)
4173321038_Kata_Pengantar.pdf
Download (227kB)
4173321038_Daftar_Isi.pdf
Download (177kB)
4173321038_Daftar_Gambar.pdf
Download (88kB)
4173321038_Daftar_Tabel.pdf
Download (61kB)
4173321038_Daftar_Lampiran.pdf
Download (90kB)
4173321038_BAB_I.pdf
Download (278kB)
4173321038_BAB_V.pdf
Download (89kB)
4173321038_Daftar_Pustaka.pdf
Download (89kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vektor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes (pretest dan posttest) yang disebarkan pada dua kelas yaitu kelas X Mipa 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X Mipa 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 15 soal berbentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan reliabilitasnya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Labuhanbatu Utara sebanyak 6 kelas. Rata-rata jumlah siswa pada setiap kelas 36 orang. Sampel yang dipilih sebanyak 2 kelas dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak pada taraf signifikansi 5% dan dk=36 diperoleh nilai thitung sebesar 3,2724 dan nilai ttabel sebesar 1,9944 atau thitung > ttabel, sehingga dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Berbantuan google classroom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Vektor; Google Classroom; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 May 2024 08:34 |
Last Modified: | 07 May 2024 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56462 |