Manurung, Nurhalimah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192411033_Cover.pdf
Download (234kB)
4192411033_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (443kB)
4192411033_Abstrak.pdf
Download (333kB)
4192411033_Kata_Pengantar.pdf
Download (112kB)
4192411033_Daftar_Isi.pdf
Download (497kB)
4192411033_Daftar_Gambar.pdf
Download (335kB)
4192411033_Daftar_Tabel.pdf
Download (484kB)
4192411033_Daftar_Lampiran.pdf
Download (260kB)
4192411033_BAB_I.pdf
Download (527kB)
4192411033_BAB_V.pdf
Download (89kB)
4192411033_Daftar_Pustaka.pdf
Download (259kB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan berbantuan software geogebra melalui materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII.
Penelitian ini bertujuan salah satunya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII melalui penerapan model pembelajaran koopertif berbatuan software geogebra. Penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui fase-fase pembelajaran berupa siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap T.A. 2022/2023. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 28 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran STAD kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division).
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan software geogebra mampu meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 5 percut Sei Tuan pada materi bangun ruang sisi datar, meningkat dari 11 siswa (39,28%) yang tuntas dalam menyelesaikan masalah pada tes siklus I mejadi 24
siswa (85,71%) yang tuntas dalam menyelesaiakan test kemampuan pemecahan masalah matematis pada siklus II. Terlihat dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siklus I yaitu 53,22 meningkat menjadi 78,45 pada siklus II. Adapun indikator memahami masalah meningkat dari 82,14% menjadi 97,02%. Indikator merencanakan penyelesaian masalah meningkat dari 63,88% menjadi 82,54%. Indikator melaksanakan rencana penyelesaian dari 57,54%
menjadi 81,75%. Indikator memeriksa kembali jawaban yang diperoleh meningkat dari 17,26% menjadi 48,81%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian tindakan kelas; Geogebra; Materi bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 May 2024 08:27 |
Last Modified: | 07 May 2024 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56458 |