PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII

Manurung, Nurhalimah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192411033_Cover.pdf] Text
4192411033_Cover.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 4192411033_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192411033_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 4192411033_Abstrak.pdf] Text
4192411033_Abstrak.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 4192411033_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192411033_Kata_Pengantar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4192411033_Daftar_Isi.pdf] Text
4192411033_Daftar_Isi.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of 4192411033_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192411033_Daftar_Gambar.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4192411033_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192411033_Daftar_Tabel.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 4192411033_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192411033_Daftar_Lampiran.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 4192411033_BAB_I.pdf] Text
4192411033_BAB_I.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 4192411033_BAB_V.pdf] Text
4192411033_BAB_V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4192411033_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192411033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan berbantuan software geogebra melalui materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII.
Penelitian ini bertujuan salah satunya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII melalui penerapan model pembelajaran koopertif berbatuan software geogebra. Penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui fase-fase pembelajaran berupa siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap T.A. 2022/2023. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 28 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran STAD kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division).
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan software geogebra mampu meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 5 percut Sei Tuan pada materi bangun ruang sisi datar, meningkat dari 11 siswa (39,28%) yang tuntas dalam menyelesaikan masalah pada tes siklus I mejadi 24
siswa (85,71%) yang tuntas dalam menyelesaiakan test kemampuan pemecahan masalah matematis pada siklus II. Terlihat dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siklus I yaitu 53,22 meningkat menjadi 78,45 pada siklus II. Adapun indikator memahami masalah meningkat dari 82,14% menjadi 97,02%. Indikator merencanakan penyelesaian masalah meningkat dari 63,88% menjadi 82,54%. Indikator melaksanakan rencana penyelesaian dari 57,54%
menjadi 81,75%. Indikator memeriksa kembali jawaban yang diperoleh meningkat dari 17,26% menjadi 48,81%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian tindakan kelas; Geogebra; Materi bangunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 07 May 2024 08:27
Last Modified: 07 May 2024 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56458

Actions (login required)

View Item
View Item