Sembiring, Armisella Br (2023) Korelasi Media Pembelajaran Kahoot Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VIII SMPN 2 Simpang Empat Berastagi. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
3193311005_Cover.pdf
Download (49kB)
3193311005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (819kB)
3193311005_Abstrak.pdf
Download (154kB)
3193311005_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
3193311005_Daftar_Isi.pdf
Download (151kB)
3193311005_Daftar_Tabel.pdf
Download (65kB)
3193311005_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
3193311005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
3193311005_BAB_I.pdf
Download (426kB)
3193311005_BAB_V.pdf
Download (61kB)
3193311005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (122kB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang korelasi antara media pembalajaran kahoot dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai meningkatkan minat belajar pada pembelajaran PPKn siswa kelas VIII tahun ajaran 2022/2023 melalui media pembelajaran kahoot. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Populasi dari penelitan ini adalah siswa SMPN 2 Simpang Empat Berastagi sebanyak 155 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 49 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan observasi (pengamatan), kuesioner (angket), dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk melakukan pengamatan dan mendata jumlah siswa. Angket digunakan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran kahoot. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatkan minat belajar setelah penerapan media pembelajaran kahoot. Sehingga dapat disimpulkan adanya korelasi media pembelajaran kahoot dengan minat belajar PPKn siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Simpang Empat sebesar 0,516 dalam kategori sedang. Untuk uji t thitung sebesar 4,15 dan ttabel sebesar ttabel sebesar 1,67793 pada taraf signifikan 5 %. Sehingga thitung > ttabel > atau 4,15 > 1,67793. Dengan demikian pengujian untuk uji hipotesis maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka Hipotesis alternatif (Ha) menyatakan adanya korelasi media pembelajaran kahoot dalam meningkatkan minat belajar PPKn siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Simpang Empat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat belajar, Media pembelajaran kahoot, PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 07 May 2024 08:12 |
Last Modified: | 07 May 2024 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56457 |