Ramadhan, Nur Fidyati (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBANTUAN APLIKASI CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 03 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193311057_Cover.pdf
Download (217kB)
4193311057_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (567kB)
4193311057_Abstrak.pdf
Download (396kB)
4193311057_Kata_Pengantar.pdf
Download (531kB)
4193311057_Daftar_Isi.pdf
Download (304kB)
4193311057_Daftar_Gambar.pdf
Download (249kB)
4193311057_Daftar_Tabel.pdf
Download (277kB)
4193311057_Daftar_Lampiran.pdf
Download (277kB)
4193311057_BAB_I.pdf
Download (745kB)
4193311057_BAB_V.pdf
Download (424kB)
4193311057_Daftar_Pustaka.pdf
Download (583kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Media Pembelajaran Audio Visual berbantuan Aplikasi CapCut dengan kategori valid, praktis, dan efektif sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segi empat. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi RPP, LKPD, Media Pembelajaran Audio Visual berbantuan Aplikasi CapCut, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, serta angket respon peserta didik dan guru terhadap Media Pembelajaran yang dikembangkan. Setelah seluruh instrumen, RPP, LKPD dan Media Pembelajaran Audio Visual berbantuan Aplikasi CapCut dinyatakan valid oleh validator, kemudian dilakukan uji coba keterbacaan dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media Pembelajaran Audio Visual berbantuan Aplikasi CapCut yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan skor rata-rata validitas RPP dan LKPD yaitu 3,76 dan 3,65 yang termasuk ke dalam kategori Sangat Valid, serta skor rata-rata validitas Media Pembelajaran Audio Visual berbantuan Aplikasi CapCut adalah 3,78 untuk media dan 3,74 untuk materi dengan kategori Sangat Valid; (2) Media Pembelajaran Audio Visual berbantuan Aplikasi CapCut yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) Hasil angket respon peserta didik terhadap Media Pembelajaran Audio Visual berbantuan Aplikasi CapCut menunjukkan persentase kepraktisan 83% dengan kategori Sangat Praktis, b) Hasil angket respon guru terhadap Media Pembelajaran Audio Visual berbantuan Aplikasi CapCut menunjukkan persentase kepraktisan 97,5% dengan kategori Sangat Praktis; (3) Proses jawaban peserta didik setelah menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual berbantuan Aplikasi CapCut memiliki peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segi empat sehingga dikategorikan efektif. Hal ini dilihat dari: a) Pencapaian ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 94,28% peserta didik yang mengikuti pembelajaran mencapai nilai ≥ 75, b) Tercapainya indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran dimana rata-rata persentase ketuntasan belajar individual sebesar 85,47%, dan c) Waktu pembelajaran menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual berbantuan Aplikasi CapCut sama dengan waktu pembelajaran biasa serta 83% dari total seluruh peserta didik merespon positif Media Pembelajaran Audio Visual berbantuan Aplikasi CapCut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pemebelajaran; Segi empat; Audio visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 May 2024 05:08 |
Last Modified: | 07 May 2024 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56442 |