Harahap, Angle Pitaloka (2023) Peran Guru PPKn Dalam Membina Karakter Siswa di SMPN 2 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
3193311024_Cover.pdf
Download (191kB)
3193311024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (159kB)
3193311024_Abstrak.pdf
Download (293kB)
3193311024_Kata_Pengantar.pdf
Download (177kB)
3193311024_Daftar_Isi.pdf
Download (230kB)
3193311024_Daftar_Tabel.pdf
Download (304kB)
3193311024_Daftar_Gambar.pdf
Download (188kB)
3193311024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (188kB)
3193311024_BAB_I.pdf
Download (466kB)
3193311024_BAB_V.pdf
Download (281kB)
3193311024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (400kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru PPKn dalam Membina Karakter Siswa di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelitian deskriptif kualitatif. Adapun lokasi penelitian ini yaitu di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu, Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan, Bapak Kepala Sekolah, Bapak Wakil Kepala sekolah dan 8 orang Siswa dari masing-masing kelas VII dan kelas VIII yang ada di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Jenis data dalam penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan degan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam membinan karakter siswa di . Negeri 2 Percut Sei Tuan adalah sebagai pembina karakter siswa. Guru PPKn berperan menjadi model dan contoh bagi siswa, agen moral dan komunikator. Guru PPKn sudah mampu menjalankan perannya sebagai model atau contoh bagi siswa dengan baik. Namun demikian masih terdapat siswa yang belum mampu menerapkan teladan yang ditunjukkan oleh guru PPKn, diantaranya datang tepat waktu, berpakaian rapi, disiplin dan masih ada siswa yang kurang tertib dalam kelas. Adapun strategi yang dilakukan guru PPKn dalam membina karakter siswa yaitu setiap memulai pembelajaran selalu berdoa, menyayikan lagu wajib, selalu memberikan perhatian terhadap siswa-siswi, mencontohkan karakter kejujuran, toleransi, displin, cinta damai dan tanggung jawa, hadir tepat waktu, berpakaian rapi, berbicara dengan sopan selalu motivasi dan nasehat. selalu memberikan refleksi moral.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Guru PPKn, Membina, Karakter Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 07 May 2024 04:56 |
Last Modified: | 07 May 2024 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56438 |