PENGEMBANGAN LKS BERBASIS STEM PADA MATERI REAKSI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA

Junita, Vira (2023) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS STEM PADA MATERI REAKSI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193131011_Cover.pdf] Text
4193131011_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4193131011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193131011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4193131011_Abstrak.pdf] Text
4193131011_Abstrak.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 4193131011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193131011_Kata_Pengantar.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4193131011_Daftar_Isi.pdf] Text
4193131011_Daftar_Isi.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 4193131011_BAB_I.pdf] Text
4193131011_BAB_I.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 4193131011_BAB_V.pdf] Text
4193131011_BAB_V.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 4193131011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193131011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (283kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKS Kimia berbasis STEM pada materi Reaksi Redoks yang sesuai dengan standar BSNP untuk meningkatkan HOTS siswa kelas X di MAN DAIRI serta mengetahui respon siswa terhadap LKS hasil pengembangan. LKS ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari Define (pendefinisian) berupa analisis kebutuhan siswa, Design (perancangan) berupa perancangan produk yang sesuai dengan kebutuhan siswa, Development (pengembangan) adalah tahap pengembangan produk berupa LKS berbasis STEM yang sudah layak untuk digunakan serta Disseminate (penyebaran) dilakukan untuk melihat peningkatan HOTS pada siswa ditinjau dari nilai sebelum dan sesudah siswa menggunakan LKS. Data yang dihasilkan dari penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari data kualitatif berupa instrumen penilaian validator ahli terkait LKS berbasis STEM yang sesuai dengan kelayakan BSNP yang terkategori “sangat valid dan tidak perlu revisi”. Sedangkan data kuantitatifnya merupakan hasil pretest posttest serta respon siswa terhadap LKS berbasis STEM yang termasuk dalam kriteria “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis STEM pada Materi Reaksi Redoks memberikan respon yang baik kepada siswa dan sudah sesuai dengan standar BSNP serta penggunaannya yang cukup tinggi dalam meningkatkan HOTS siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 2 Jun p
Keywords: Lembar kerja siswa; Respon siswa; Kemampuan berpikir; Reaksi redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 May 2024 04:45
Last Modified: 07 May 2024 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56437

Actions (login required)

View Item
View Item