Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Tanjung Morawa

Limbong, Cristina (2023) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Tanjung Morawa. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1182113017 COVER.pdf] Text
1. NIM. 1182113017 COVER.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 2. NIM. 1182113017 APPOVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 1182113017 APPOVAL SHEET.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 3. NIM. 1182113017 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 1182113017 ABSTRACT.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4. NIM. 1182113017 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 1182113017 PREFACE.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 5. NIM. 1182113017 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 1182113017 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 6. NIM. 1182113017 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM. 1182113017 LIST OF TABLES.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 7. NIM. 1182113017 LIST OF FIGURES.pdf] Text
7. NIM. 1182113017 LIST OF FIGURES.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8. NIM. 1182113017 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 1182113017 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 9. NIM. 1182113017 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 1182113017 CHAPTER I.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 13. NIM. 1182113017 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 1182113017 CHAPTER V.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 14. NIM. 1182113017 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 1182113017 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (145kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui bagaimana rancangan dalam pembelajaran sains; 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran sains yang dilakukan guru; di TK Negeri 1 Pembina Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam pembelajaran sains telah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang seharusnya yaitu perencanaan yang berlandaskan kurikulum 2013, dengan adanya (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian. Demikian pula dengan hasil pelaksanaan pembelajaran sains yang diterapkan, tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran sains anak usia dini di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa sudah terlaksana dengan baik, terlihat pada hasil yang ditemukan pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan rancangan yang dibuat, sesuai dengan pedoman, ditemukan bahwa pelaksanaan dilakukan dengan berdasakan; Sebelum Kegiatan Pembelajaran, Saat Kegiatan Pembukaan/Kegiatan Sebelum Pembelajaran, Saat Kegiatan Inti/Saat Kegiatan Pembelajaran, Kegiatan Istirahat dan Waktu Makan Minum, dan Kegiatan Penutup. Pada pelaksanaanya juga guru menerapkan pembelajaran sains dalam: 1) pengamatan (observing), 2) membandingkan (comparing), 3) mengklasifikasikan (classifying), 4) mengukur (meansuring), dan 5) mengkomunikasikan (communicating) yang sudah diterapkan dalam pembelajaran sains anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perencanaan Pembelajaran; Pembelajaran Sains; Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 07 May 2024 04:11
Last Modified: 07 May 2024 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56417

Actions (login required)

View Item
View Item