Limbong, Cristina (2023) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Tanjung Morawa. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182113017 COVER.pdf
Download (63kB)
2. NIM. 1182113017 APPOVAL SHEET.pdf
Download (569kB)
3. NIM. 1182113017 ABSTRACT.pdf
Download (74kB)
4. NIM. 1182113017 PREFACE.pdf
Download (163kB)
5. NIM. 1182113017 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (94kB)
6. NIM. 1182113017 LIST OF TABLES.pdf
Download (36kB)
7. NIM. 1182113017 LIST OF FIGURES.pdf
Download (34kB)
8. NIM. 1182113017 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (35kB)
9. NIM. 1182113017 CHAPTER I.pdf
Download (356kB)
13. NIM. 1182113017 CHAPTER V.pdf
Download (69kB)
14. NIM. 1182113017 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (145kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui bagaimana rancangan dalam pembelajaran sains; 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran sains yang dilakukan guru; di TK Negeri 1 Pembina Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam pembelajaran sains telah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang seharusnya yaitu perencanaan yang berlandaskan kurikulum 2013, dengan adanya (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian. Demikian pula dengan hasil pelaksanaan pembelajaran sains yang diterapkan, tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran sains anak usia dini di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa sudah terlaksana dengan baik, terlihat pada hasil yang ditemukan pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan rancangan yang dibuat, sesuai dengan pedoman, ditemukan bahwa pelaksanaan dilakukan dengan berdasakan; Sebelum Kegiatan Pembelajaran, Saat Kegiatan Pembukaan/Kegiatan Sebelum Pembelajaran, Saat Kegiatan Inti/Saat Kegiatan Pembelajaran, Kegiatan Istirahat dan Waktu Makan Minum, dan Kegiatan Penutup. Pada pelaksanaanya juga guru menerapkan pembelajaran sains dalam: 1) pengamatan (observing), 2) membandingkan (comparing), 3) mengklasifikasikan (classifying), 4) mengukur (meansuring), dan 5) mengkomunikasikan (communicating) yang sudah diterapkan dalam pembelajaran sains anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perencanaan Pembelajaran; Pembelajaran Sains; Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 07 May 2024 04:11 |
Last Modified: | 07 May 2024 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56417 |