Pengaruh Kegiatan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan T.A 2021/2022

Apriani, Khofifah (2023) Pengaruh Kegiatan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1183113050_Cover.pdf] Text
1183113050_Cover.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1183113050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183113050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of 1183113050_Abstrak.pdf] Text
1183113050_Abstrak.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 1183113050_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183113050_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1183113050_Daftar_Isi.pdf] Text
1183113050_Daftar_Isi.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1183113050_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183113050_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1183113050_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183113050_Daftar_Tabel.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1183113050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183113050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 1183113050_BAB_V.pdf] Text
1183113050_BAB_V.pdf

Download (240kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan. Masalah penelitian ini adalah kurangnya kegiatan pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak sehingga mengakibatkan perkembangan kognitif anak rendah. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan kecamatan Padang Sidempuan Selatan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksprimen dengan menggunakan desain pre-test dan post-test. Rangkaian penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan pembelajaran sains berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dengan rata-rata skor pre-test 32,67 dan rata-rata post-test 61,3. Data uji normalitas pre-test 0,0329 dan post-test 0,0322 < tabel L (Liliefors) 0,161 hasil data pre-test dan post-test berdistribusi normal. Data uji homogenitas pre-test dan pos-test 1,08 < tabel F(Fisher) 1,875 hasil data pre-test dan post-test berdistribusi homogenitas. Hasil uji T menunjukkan bahwa Thitung = 9,90 karena dk = 30-2 = 28, taraf signifikan 0,05 maka Ttabel = 1,70. Maka Thitung > Ttabel = 9,90 >1,70. Dengan demikian bahwa kegiatan pembelajaran sains berdampak signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Quran Dina Padang sidempuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perkembangan Kognitif; Kegiatan Pembelajaran Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 07 May 2024 02:39
Last Modified: 07 May 2024 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56395

Actions (login required)

View Item
View Item