Ginting, Fileo F. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Konstruksi Geometris Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Berbasis Website Di Smk Negeri 1 Merdeka T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133321030 COVER.pdf
Download (315kB)
2. NIM 5133321030 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 5133321030 ABSTRACT.pdf
Download (641kB)
4. NIM 5133321030 PREFACE.pdf
Download (557kB)
5. NIM 5133321030 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (834kB)
6. NIM 5133321030 LIST OF TABLE.pdf
Download (282kB)
7. NIM 5133321030 LIST OF PICTURE.pdf
Download (281kB)
8. NIM 5133321030 APPENDIX LIST.pdf
Download (280kB)
9. NIM 5133321030 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
13. NIM 5133321030 CHAPTER V.pdf
Download (557kB)
14. NIM 5133321030 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (562kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui proses/cara pembuatan media pembelajaran konstruksi geometris pada mata pelajaran gambar teknik berbasis website dalam penelitian. (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran konstruksi geometris pada mata pelajaran gambar teknik berbasis website di SMK Negeri 1 Merdeka berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan pengguna/siswa
Penelitian ini direncanakan dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 di SMK Negeri 1 Merdeka. Setelah ditemukan potensi dan masalah maka langkah selanjutnya adalah pengumpulan data dan informasi. Potensi yang ada adalah teknologi komunikasi sangat berpeluang untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran, sedangkan masalah yang ada media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran gambar teknik belum maksimal. Teknik analisis data yang digunakan adalah Data yang telah diperoleh dari ahli materi, ahli media pembelajaran, dan siswa berupa angket yang telah diisi, selanjutnya akan dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Kelayakan media pembelajaran dari aspek media didapat total skor yaitu 86 dan 112 dan masuk pada kategori layak dan sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran dari aspek media sangat layak untuk digunakan. (2) Kelayakan media pembelajaran dari aspek ahli materi didapat total skor yaitu 74 dan 76 dan masuk pada kategori sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran dari aspek materi sangat layak untuk digunakan. (3) Tanggapan peserta didik didapatkan dari 2 kali uji coba. Pada uji coba produk didapatkan rata-rata respon peserta didik sebesar 83,7 dan masuk dalam kategori sangat layak. Pada uji coba pemakaian rata-rata yang didapat sebesar 85,4 dan juga masuk pada kategori sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berdasarkan tanggapan peserta didik sangat layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Konstruksi Geometris; Berbasis Website |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 08:46 |
Last Modified: | 06 May 2024 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56388 |