Manalu, Daniel Suparman (2021) Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Yang diberikan Guru dengan hasil belajar Siswa Pada Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.Nim. 5163121007 COVER.pdf
Download (408kB)
2.NIM 5163121007 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 5163121007 ABSTRACK.pdf
Download (1MB)
4.NIM 5163121007 PREFACE.pdf
Download (996kB)
5.NIM 5163121007 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (988kB)
6.NIM 5163121007 TABLE.pdf
Download (908kB)
7.NIM 5163121007 LIST OF TABLE.pdf
Download (627kB)
8.NIM 5163121007 APPENDIX LIST.pdf
Download (908kB)
9.NIM 5163121007 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
13.NIM 5163121007 CHAPTER V.pdf
Download (1MB)
14.NIM 5163121007 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara persepsi terhadap pembelajaran daring dengan hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, menggunakan instrumen angket model Likert dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap pembelajaran daring dengan hasil belajar Pekerjaan dasar Teknik mesin siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan. Dengan persamaan regresi Yˆ =22,239 + 0,603 X, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,451; Terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan melalui hasil analisis regresi sederhana, diperoleh nilai thitung sebesar 2,676. Harga thitung lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,699. Nilai korelasi parsial antara persepsi pembelajaran daring dengan hasil belajar Pekerjaan dasar tenik mesin (rx-y) sebesar 0,451 kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan jumlah sampel 30 responden (N = 30) diperoleh rtabel 5% = 0,361. Dengan demikian harga rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,451 > 0,361. Hasil perhitungan uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 7,166 > Ftabel sebesar 4,195 dengan signifikan 0,01 < 0,05, maka hipotesis diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran daring memiliki hubungan secara simultan dengan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi Terhadap Pembelajaran Daring; Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 08:18 |
Last Modified: | 06 May 2024 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56381 |