Sitohang, Imanri Suharianto (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Kelas X Teknik Pemesinan SMK Swasta PAB 1 Helvetia. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5162121005 COVER.pdf
Download (395kB)
2. NIM 5162121005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (2MB)
3. NIM 5162121005 ABSTRACT.pdf
Download (711kB)
4. NIM 5162121005 PREFACE.pdf
Download (637kB)
5. NIM 5162121005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (644kB)
6. NIM 5162121005 LIST OF TABLE.pdf
Download (360kB)
7. NIM 5162121005 LIST OF PICTURE.pdf
Download (634kB)
8. NIM 5162121005 APPENDIX LIST.pdf
Download (361kB)
9. NIM 5162121005 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
13. NIM 5162121005 CHAPTER V.pdf
Download (979kB)
14. NIM 5162121005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (713kB)
Abstract
Pengembangan media pembelajaran interaktif lectora inspre ini merupakan salah satu alat pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga siswa mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru dan siswa tidak merasa bosan ketika belajar. Kebutuhan akan media pembelajaran interaktif lectora inspire ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum adanya media interaktif yang digunakan dalam pembelajaran Gambar Teknik Mesin di SMK Swasta PAB 1 Helvetia. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kebutuhan siswa kelas X SMK Swasta PAB 1 Helvetia, (2) menghasilkan media pembelajaran interaktif lectora inspire pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin, (3) menguji kelayakan produk media pembelajaran interaktif lectora inspire. Penelitian dan pengembangan ini dalam pelaksanaannya menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implantation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Kelayakan produk diukur melalui hasil validasi ahli materi, ahli media pembelajaran, dan ahli desain pembelajaran. Tahap uji coba dilakukan terhadap siswa melalui uji coba one to one, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif lectora inspire pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin memenuhi kriteria sangat layak, dengan hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 4,73 dengan kriteria “sangat layak”, hasil validasi ahli media pembelajaran diperoleh rata-rata skor 4,44 dengan kriteria “sangat layak” dan hasil validasi ahli desain pembelajaran diperoleh rata-rata skor sebesar 4,61 dengan kriteria “sangat layak”. Untuk hasil penilaian uji coba one to one diperoleh skor rata-rata sebesar 4,34 dengan kriteria “sangat layak”, hasil uji coba skala kecil diperoleh rata-rata skor sebesar 4,54 dengan kriteria “sangat layak”, dan hasil uji coba skala besar diperoleh rata-rata skor sebesar 4,58 dengan kriteria “sangat layak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media; Gambar Teknik; Lectora Inspire |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 05:08 |
Last Modified: | 06 May 2024 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56357 |