Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar – Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain dan Pemodelan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan

Batubara, Salamat Riski (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar – Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain dan Pemodelan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5162111007 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5162111007 COVER.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 2 NIM. 5162111007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 NIM. 5162111007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM. 5162111007 ABSTRAK.pdf] Text
3. NIM. 5162111007 ABSTRAK.pdf

Download (909kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5162111007 KATA PENGANTAR.pdf] Text
4. NIM. 5162111007 KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. NIM. 5162111007 DAFTAR ISI.pdf] Text
5. NIM. 5162111007 DAFTAR ISI.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5162111007 DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 5162111007 DAFTAR TABEL.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5162111007 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7. NIM. 5162111007 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5162111007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8. NIM. 5162111007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5162111007 BAB I.pdf] Text
9. NIM. 5162111007 BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 13. NIM. 5162111007 BAB V.pdf] Text
13. NIM. 5162111007 BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 14. NIM. 5162111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 5162111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB)

Abstract

Indonesia mempunyai visi terwujudnnya manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Penelitian ini bertujuan untuk : mengembangkan Modul dalam meningkatkan kompetensi keterampilan praktik yang diinginkan dalam pembelajaran serta mengetahui kelayakan desain pembelajaran dengan memanfaatkan modul yang dikembangkan dalam pembelajaran Dasar-dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah untuk siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Four–D), tahapan yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Untuk kelayakan produk media pembelajaran menggunakan angket penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil penelitian bahwa produk media pembelajaran yang dikembangkang berupa Modul. Penilaian dari ahli media memperoleh nilai 4,03 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Layak” menurut penilaian skala likert. Penilaian ahli materi 1 memperoleh nilai 4,3 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak” menurut penilaian skala likert dan ahli materi 2 memperoleh nilai 4,5 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak” menurut penilaian skala likert. Penilaian dari ahli bahasa memperoleh nilai 4,1 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Layak” menurut penilaian skala likert. Hasil dari uji coba kelompok kecil yang dilakukan siswa didapatkan persentase 100% dikategorikan “Sangat Layak” menurut konversi skor pada skala lima dalam penilaian pengguna. Menggunakan google formulir dilakukan dengan pengguna skala kecil dengan jumlah 15 siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan. Kelayakan produk berupa Modul yang dikembangkan telah dinyatakan layak digunakan, dengan model 4-D sehingga produk yang dikembangkan dapat digunakan dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Pembelajaran; Modul; Dasar-Dasar Konstruksi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 May 2024 04:40
Last Modified: 06 May 2024 04:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56348

Actions (login required)

View Item
View Item