Batubara, Salamat Riski (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar – Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain dan Pemodelan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162111007 COVER.pdf
Download (292kB)
2 NIM. 5162111007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5162111007 ABSTRAK.pdf
Download (909kB)
4. NIM. 5162111007 KATA PENGANTAR.pdf
Download (1MB)
5. NIM. 5162111007 DAFTAR ISI.pdf
Download (739kB)
6. NIM. 5162111007 DAFTAR TABEL.pdf
Download (360kB)
7. NIM. 5162111007 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (360kB)
8. NIM. 5162111007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (455kB)
9. NIM. 5162111007 BAB I.pdf
Download (4MB)
13. NIM. 5162111007 BAB V.pdf
Download (1MB)
14. NIM. 5162111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (639kB)
Abstract
Indonesia mempunyai visi terwujudnnya manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Penelitian ini bertujuan untuk : mengembangkan Modul dalam meningkatkan kompetensi keterampilan praktik yang diinginkan dalam pembelajaran serta mengetahui kelayakan desain pembelajaran dengan memanfaatkan modul yang dikembangkan dalam pembelajaran Dasar-dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah untuk siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Four–D), tahapan yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Untuk kelayakan produk media pembelajaran menggunakan angket penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil penelitian bahwa produk media pembelajaran yang dikembangkang berupa Modul. Penilaian dari ahli media memperoleh nilai 4,03 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Layak” menurut penilaian skala likert. Penilaian ahli materi 1 memperoleh nilai 4,3 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak” menurut penilaian skala likert dan ahli materi 2 memperoleh nilai 4,5 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak” menurut penilaian skala likert. Penilaian dari ahli bahasa memperoleh nilai 4,1 dari 5 skor sehingga termasuk dalam kategori “Layak” menurut penilaian skala likert. Hasil dari uji coba kelompok kecil yang dilakukan siswa didapatkan persentase 100% dikategorikan “Sangat Layak” menurut konversi skor pada skala lima dalam penilaian pengguna. Menggunakan google formulir dilakukan dengan pengguna skala kecil dengan jumlah 15 siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan. Kelayakan produk berupa Modul yang dikembangkan telah dinyatakan layak digunakan, dengan model 4-D sehingga produk yang dikembangkan dapat digunakan dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Pembelajaran; Modul; Dasar-Dasar Konstruksi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 04:40 |
Last Modified: | 06 May 2024 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56348 |