Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan Di Kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan

Karo-Karo, Rizky Pratama (2023) Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan Di Kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3181131009 COVER.pdf] Text
1. NIM. 3181131009 COVER.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 2. NIM. 3181131009 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 3181131009 APPROVAL SHEET.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 3. NIM. 3181131009 PREFACE.pdf] Text
3. NIM. 3181131009 PREFACE.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4. NIM. 3181131009 ABSTRACT.pdf] Text
4. NIM. 3181131009 ABSTRACT.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 5. NIM. 3181131009 TABEL OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 3181131009 TABEL OF CONTENT.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 6. NIM. 3181131009 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM. 3181131009 ILLUSTRATION.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 7. NIM. 3181131009 TABELS.pdf] Text
7. NIM. 3181131009 TABELS.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 8. NIM. 3181131009 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 3181131009 APPENDICES.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 9. NIM. 3181131009 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 3181131009 CHAPTER I.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 14. NIM. 3181131009 CHAPTER VI.pdf] Text
14. NIM. 3181131009 CHAPTER VI.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 15. NIM. 3181131009 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
15. NIM. 3181131009 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi bumi sebagai ruang kehidupan di kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Medan pada semester ganjil T.A. 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 2 kelas, yaitu X IPS-1 dan X IPS-2 yang sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data kuantitatif statistik inferensial dengan t-test menggunakan software SPSS versi 21.
Hasil pada uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test, didapatkan hasil nilai taraf signifikansi 0.000 atau < 0.05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh dari penerapan model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Bumi sebagai ruang kehidupan di kelas X IPS SMA N 4 Medan. Dengan demikian model PjBL dapat digunakan oleh guru di sekolah sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Project Based Learning; Materi Bumi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 06 May 2024 04:44
Last Modified: 06 May 2024 04:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56347

Actions (login required)

View Item
View Item