Silalahi, Dwi Jesiscca (2022) Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi Di Sma Se Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.3183131027 COVER.pdf
Download (40kB)
2. NIM.3183131027 APPROVAL SHEET.pdf
Download (355kB)
3. NIM.3183131027 PREFACE.pdf
Download (354kB)
4. NIM.3183131027 ABSTRACT.pdf
Download (214kB)
5. NIM.3183131027 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (215kB)
6. NIM.3183131027 TABLES.pdf
Download (240kB)
7. NIM.3183131027 ILLUSTRATION.pdf
Download (213kB)
8. NIM.3183131027 APPENDICES.pdf
Download (213kB)
9. NIM.3183131027 CHAPTER I.pdf
Download (426kB)
14. NIM.3183131027 CHAPTER VI.pdf
Download (251kB)
15. NIM.3183131027 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (250kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah; (1) menganalisis ketersediaan media pembelajaran geografi dari segi jenis, variasi, jumlah, kondisi; dan (2) pemanfaatan media dari segi respon siswa, ketepatan media, kendala dan usaha dalam pemanfaatan media pembelajaran geografi di SMA Se Kecamatan Tanah Jawa.
Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan dimulai tanggal 1 Juli hingga tanggal 1 Agustus. Populasi dan sampel guru dari penelitian ini berjumlah 4. Populasi siswa 283 orang dan sampel 140 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan tabel kecenderungan variabel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ketersediaan media pembelajaran dilihat dari jenis media, terdapat 2 sekolah yang memiliki ketujuh media dan 2 sekolah lainnya memiliki 6 media; selanjutnya dilihat dari variasi media diketahui bahwa guru geografi tidak sering menggunakan media bervariasi; selanjutnya dilihat dari jumlah media yang tersedia diketahui jenis media kompas yang sedikit jumlah ketersediaan dan jenis media atlas merupakan media yang terbanyak dimiliki; terakhir dilihat dari kondisi media diketahui bahwa sebagian besar kondisi media pembelajaran geografi SMA se-Kec Tanah Jawa dalam kondisi baik tetapi terdapat media seperti atlas yang masih menggunakan edisi lama dan terdapat 1 sekolah memiliki media yang telah rusak dan tidak dapat digunakan yaitu jenis media realia (komparator batuan); (2) pemanfaatan media pembelajaran untuk indikator respon siswa yang diperoleh dari angket guru dan siswa tergolong tinggi; selanjutnya untuk ketepatan media diketahui dari hasil angket guru yaitu sedang dan hasil angket siswa masuk tinggi; terakhir dilihat dari kendala dan usaha diperoleh hasil angket guru yang tergolong sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Bahan Belajar; Jenis Media |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 06 May 2024 04:36 |
Last Modified: | 06 May 2024 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56344 |