PENGEMBANGAN INSTRUMEN FIVE-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS XI

Simatupang, Murni Talenta (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN FIVE-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192131005_Cover.pdf] Text
4192131005_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4192131005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192131005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 4192131005_Abstrak.pdf] Text
4192131005_Abstrak.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 4192131005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192131005_Kata_Pengantar.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4192131005_Daftar_Isi.pdf] Text
4192131005_Daftar_Isi.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4192131005_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192131005_Daftar_Gambar.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4192131005_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192131005_Daftar_Tabel.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4192131005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192131005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4192131005_BAB_I.pdf] Text
4192131005_BAB_I.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 4192131005_BAB_V.pdf] Text
4192131005_BAB_V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4192131005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192131005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)analisis instrumen yang dibutuhkan dalam mengukur miskonsepsi siswa, (2) hasil analisis instrumen Five-tier Diagnostic test materi Termokimia, (3)persentase peserta didik yang paham konsep, tidak paham konsep, dan mengalami miskonsepsi pada materi Termokimia, (4) respon guru dan siswa terhadap instrumen five-tier yang dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap perlakuan yaitu analisis (melakukan analisis kebutuhan), desain (merancang produk), pengembangan (melakukan uji kelayakan produk), implementasi (uji coba produk) dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) analisis proses belajar mengajar di SMA Negeri 2 Medan telah menerapkan kurikulum 2013 dengan menggunakan PBL,diskusi dan metode ceramah,namun belum menerapkan tes diagnostik untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. (2) hasil analisis instrumen 73,33% butir soal valid dengan reabilitas 0,83 (3) persentase siswa yang paham konsep adalah 34% . Kemudian paham konsep sebagian tentang soal materi termokimia yang dibuat sebesar 18%, kurang pengetahuan sebesar 19%. Untuk persentase tidak dapat disimpulkan sebesar 5%, serta tidak paham konsep sebesar 4% dan untuk kategori Miskonsepsi Termokimia sebesar 20% (4) Respon guru terhadap instrumen tes diagnostik yang digunakan sangat baik dan untuk rata-rata respon siswa 88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tes diagnostik; Pemahman konsep; Termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 06 May 2024 04:18
Last Modified: 06 May 2024 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56338

Actions (login required)

View Item
View Item