PENGARUH VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR MODEL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SIBORONG-BORONG T.A 2020/2021

Gultom, Sihar Manaek (2022) PENGARUH VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR MODEL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SIBORONG-BORONG T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2163151016 COVER.pdf] Text
1. NIM 2163151016 COVER.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 2. NIM 2163151016 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2163151016 APPROVAL SHEET.pdf

Download (972kB)
[thumbnail of 3. NIM 2163151016 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2163151016 ABSTRACT.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4. NIM 2163151016 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2163151016 PREFACE.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 5. NIM 2163151016 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM 2163151016 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 6. NIM 2163151016 FIGURES.pdf] Text
6. NIM 2163151016 FIGURES.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 7. NIM 2163151016 TABLES.pdf] Text
7. NIM 2163151016 TABLES.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 8. NIM 2163151016 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 2163151016 APPENDICES.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 9. NIM 2163151016 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 2163151016 CHAPTER I.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 13. NIM 2163151016 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 2163151016 CHAPTER V.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 14. NIM 2163151016 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 2163151016 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap hasil belajar menggambar model di SMK Negeri 1 Siborong-borong. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (kuasai eksperimen). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 1 Siborong-borong. Tehnik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen terdiri dari 25 orang siswa.

Data penelitian ini diberi dua tahap tindakan yaitu pengambilan sampel awal dengan proses belajar-mengajar tanpa menggunakan menggunkan video tutorial. Kemudian setelah itu dilakukan pengambilan sampel yang kedua dengan proses belajar mengajar menggunakan video tutorial. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode dokumentasi, observasi dan tes. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai tes pertama sebesar 63,68 dan nilai tes kedua 69,01. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai kedua lebih baik dari pada nilai pertama. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi α = 0,05 dengan dk 70 didapat ttabel = 2,018. Jadi hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel 3,67 > 2.018. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak kemudian kesimpulannya adalah bahwa ada pengaruh terhadap hasil menggambar model yang diajarkan dengan video tutorial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Pembelajaran; Menggambar Model; SMK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 06 May 2024 03:54
Last Modified: 06 May 2024 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56328

Actions (login required)

View Item
View Item