Pengembangan Materi Ajar Teks Negosiasi Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2022/2023

Utari, Widya (2023) Pengembangan Materi Ajar Teks Negosiasi Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2193311008 COVER.pdf] Text
1. NIM.2193311008 COVER.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2. NIM.2193311008 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2193311008 APPROVAL SHEET.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 3. NIM.2193311008 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2193311008 ABSTRACT.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4. NIM.2193311008 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2193311008 PREFACE.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 5. NIM.2193311008 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2193311008 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 6. NIM.2193311008 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2193311008 LIST OF FIGURE.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 7. NIM.2193311008 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2193311008 LIST OF TABLE.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 8. NIM.2193311008 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
8. NIM.2193311008 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 9. NIM.2193311008 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM.2193311008 CHAPTER I.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of 13. NIM.2193311008 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.2193311008 CHAPTER V.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 14. NIM.2193311008 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.2193311008 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (161kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan materi ajar teks negosiasi dengan pendekatan kontekstual dalam kurikulum merdeka pada kelas X SMK dan untuk mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan prosedur Borg and Gall dengan tahapan potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi produk, Nilai kelayakan dihitung dengan menggunakan skala likert terhadap hasil validasi ahli materi, validasi ahli desain, dan penilaian guru bidang studi. Proses pengembangan
materi dilakukan untuk menambahkan beberapa kontribusi dalam mengembangkan materi teks negosiasi yang telah ada menjadi lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dari penelitian”Pengembangan Materi Ajar Teks Negosiasi dengan Pendekatan Kontekstual dalam Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2022/2023 termasuk dalam kategori ”Sangat Baik”. Hal ini didasarkan kepada hasil validasi dan ahli materi yang dilakukan sebanyak dua kali dengan nilai sebesar 87% dengan kategori”Sangat Baik”serta validasi ahli media sebanyak 2 kali dengan nilai sebesar 97% dengan Kategori”Sangat baik”. Dengan demikian, produk dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan materi ajar, Teks negosiasi, pendekatan kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 06 May 2024 03:51
Last Modified: 06 May 2024 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56327

Actions (login required)

View Item
View Item