Sembiring, Enosta (2021) Hubungan Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Dengan Hasil Belajar PDTM SMK Negeri 2 Medan T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5161121009 COVER.pdf
Download (315kB)
2. NIM 5161121009 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 5161121009 PREFACE.pdf
Download (1MB)
4. NIM 5161121009 ABSTRACT.pdf
Download (644kB)
5. NIM 5161121009 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (1MB)
6. NIM 5161121009 LIST OF TABLE.pdf
Download (638kB)
7. NIM 5161121009 LIST OF PICTURE.pdf
Download (360kB)
8. NIM 5161121009 APPENDIX LIST.pdf
Download (636kB)
9. NIM 5161121009 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
13. NIM 5161121009 CHAPTER V.pdf
Download (911kB)
14. NIM 5161121009 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai hubungan antara motivasi belajar dan persepsi siswa terhadap pembelajaran online dengan hasil belajar pdtm. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas X teknik pemesinan SMK Negeri 2 Medan T.A. 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah 108 siswa kelas X teknik pemesinan SMK Negeri 2 Medan T.A 2020/2021. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 91 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas dengan bantuan software SPSS 25.0. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji persyaratan analisis, koefisien korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar pdtm siswa kelas X teknik pemesinan SMK Negeri 2 Medan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,507; (2) terdapat hubungan positif antara persepsi siswa terhadap pembelajaran online dengan hasil belajar pdtm siswa kelas X teknik pemesinan SMK Negeri 2 Medan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,506; (3) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan persepsi siswa terhadap pembelajaran online dengan hasil belajar siswa kelas X teknik pemesinan SMK Negeri 2 Medan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar (r = 0,574). Hasil analisis regresi tersebut adalah sebagai berikut : Fh = 21.666 harga Ft = 3,099 pada taraf signifikan 5%, sehingga Fh > Ft (21.666 > 3,099). Dengan demikian maka variabel motivasi belajar, persepsi siswa terhadap pembelajaran online, dan hasil belajar mata pelajaran pdtm memiliki hubungan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar; Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online; Hasil Belajar PDTM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 03:07 |
Last Modified: | 06 May 2024 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56322 |