Agustini, Nilam Dwi (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153331013 COVER.pdf
Download (288kB)
2. NIM. 5153331013 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5153331013 PREFACE.pdf
Download (624kB)
4. NIM. 5153331013 ABSTRACT.pdf
Download (562kB)
5. NIM. 5153331013 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (726kB)
6. NIM. 5153331013 TABLES.pdf
Download (356kB)
7. NIM. 5153331013 ILLUSTRATION.pdf
Download (630kB)
8. NIM. 5153331013 APPENDICES.pdf
Download (357kB)
9. NIM. 5153331013 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
13. NIM. 5153331013 CHAPTER V.pdf
Download (831kB)
14. NIM. 5153331013 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (556kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis Lectora Inspirepada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik untuk peserta didik kelas X TITL, (2) Menghasilkan dan mengetahui kelayakan media dan materi pembelajaran berbasis Lectora Inspirepada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik untuk peserta didik kelas X TITL. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian ADDIE. Prosedur pembuatan media ini meliputi (1) Analisis(Analysis) produk yang akan dikembangkan, (2) Desain (Design)produk awal, (3) Pengembangan (Development) produk serta validasi oleh para ahli dan revisi produk, (4) Implementasi (Implementation)uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan, (5) Evaluasi (Evaluation) skala besar dan produk akhir.Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap pengembangan (Development) karena situasi pandemi Covid-19.Pengembangan produk ini menggunakan software Lectora Inspire. Data produk berupa data kualitatif yang didapat dari saran dan masukan ahli media dan ahli materi,serta berupa data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini adalah : (1) pembuatan media pembelajaran LectoraInspire matapelajaran pekerjaan dasar elektromekanik langkah-langkahnya meliputi, menganalisis kebutuhan siswa akan media pembelajaran yang dibutuhkan, membuat desain produk yang dikembangkan, mengumpulkan bahan-bahan pendukung untuk materi Pekerjaan dasar elektromekanik, pembuatan produk, finishing, penilaian media oleh ahli media dan materi, revisi. (2) Hasil kelayakan pembelajaran menggunakan Lectora Inspirematapelajaran pekerjaan dasar elektromekanik sebagai berikut : penilaian ahli media diperoleh nilai 4,50 dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi mendapatkan nilai sebesar 3,96 dengan kategori layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran; ADDIE; Lectora Inspire; pekerjaan dasar elektromekanik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 01:50 |
Last Modified: | 06 May 2024 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56304 |