NISA, FITRI AN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA AL – FATTAH 2 MEDAN TP. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193142017_Cover.pdf
Download (145kB)
7193142017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (236kB)
7193142017_Kata_Pengantar.pdf
Download (338kB)
7193142017_Abstrak.pdf
Download (64kB)
7193142017_Daftar_Isi.pdf
Download (413kB)
7193142017_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
7193142017_Daftar_Gambar.pdf
Download (151kB)
7193142017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
7193142017_BAB_I.pdf
Download (581kB)
7193142017_BAB_V.pdf
Download (62kB)
7193142017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (313kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Al-Fattah 2 Medan TP. 2023/2024 melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al-Fattah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 28 orang. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa yang diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 20 orang siswa (71,42%) yang termasuk kriteria aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kriteria aktif meningkat menjadi 24 orang siswa (85,71%). Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai ratarata yang diperoleh dari pre-test 72,35 dengan siswa yang tuntas 11 siswa (39,30%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 81,63 dengan siswa yang tuntas 19 siswa (67,90%) dan meningkat di hasil post test siklus II dengan nilai rata-rata 84,46 dengan siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (85,80%). Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Kas Kecil di Kelas XI AK SMK Swasta Al-Fattah 2 Medan TP. 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 May 2024 00:59 |
Last Modified: | 16 May 2024 00:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56268 |