PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DAN XI SMA SWASTA UTAMA MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Aritonang, Ernethesia Jelita (2023) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DAN XI SMA SWASTA UTAMA MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192141001_Cover.pdf] Text
7192141001_Cover.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 7192141001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7192141001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of 7192141001_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192141001_Kata_Pengantar.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 7192141001_Abstrak.pdf] Text
7192141001_Abstrak.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 7192141001_Daftar_Isi.pdf] Text
7192141001_Daftar_Isi.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 7192141001_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192141001_Daftar_Tabel.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 7192141001_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192141001_Daftar_Gambar.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 7192141001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7192141001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 7192141001_BAB_I.pdf] Text
7192141001_BAB_I.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 7192141001_BAB_V.pdf] Text
7192141001_BAB_V.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 7192141001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192141001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (98kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kalas X dan XI SMA Swasta Utama Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala likert dan dokumensi.
Hasil analisi data menunjukkan persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu Y= 57,707 +0,119 X1 + 0,105 X2 + e, berarti ada pengaruh keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Pengujian secara persial (uji t) untuk uji hipotesis antara keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar
menunjukan hasil thitung > ttabel sebesar (2,533>1,669) dengan sig sebesar 0,014 < 0,05, untuk pengujian antara fasiliatas belajar terhadap hasil belajar menunjukkan nilai thitung > ttabel sebesar 2.004>1,669 dengan nilai sig sebesar 0,045< 0,05. Secara simultan (uji F) diperoleh nilai Fhitung>Ftabel sebesar 9,534>2,75 dengan nilai sig 0,000<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X dan XI SMA Swasta Utama Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Fasilitas belajar, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 15 May 2024 00:49
Last Modified: 15 May 2024 00:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56252

Actions (login required)

View Item
View Item