PENGARUH GENDER, DUKUNGAN ORANGTUA, DAN SOFTSKILL TERHADAP PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN

SITUMEANG, EMALYA TARIDA ASIMA (2023) PENGARUH GENDER, DUKUNGAN ORANGTUA, DAN SOFTSKILL TERHADAP PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7162142010_Cover.pdf] Text
7162142010_Cover.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 7162142010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7162142010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 7162142010_Kata_Pengantar.pdf] Text
7162142010_Kata_Pengantar.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 7162142010_Abstrak.pdf] Text
7162142010_Abstrak.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 7162142010_Daftar_Isi.pdf] Text
7162142010_Daftar_Isi.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 7162142010_Daftar_Tabel.pdf] Text
7162142010_Daftar_Tabel.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 7162142010_Daftar_Gambar.pdf] Text
7162142010_Daftar_Gambar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 7162142010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7162142010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 7162142010_BAB_I.pdf] Text
7162142010_BAB_I.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of 7162142010_BAB_V.pdf] Text
7162142010_BAB_V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 7162142010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7162142010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (343kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII sulit dalam memilih karir setelah menyelesaikan jenjang SMK sesuai dengan jurusan akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh gender terhadap pemilihan karir pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan; (2) pengaruh dukungan orangtua terhadap pemilihan karir pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan; (3) pengaruh softskill terhadap pemilihan karir pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan; (4) pengaruh gender, dukungan orangtua, dan softskill terhadap pemilihan karir pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penellitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan yang berjumlah 131 siswa dan sampel sebanyak 99 siswa dengan rumus slovin serta teknik pengambilan menggunakan nonprobability sampling: snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis mengguna uji secara parsial (uji t), uji secara simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan software SPSS versi 22.
Hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi linear berganda dengan nilai Y = 7,134 + 2,337 X1 + 0,306 X2 + 0,256 X3 + e. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gender terhadap pemilihan karir siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,536 > 1,986) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan orangtua dengan pemilihan karir siswa dengan nilai thitung > ttabel (6,264 > 1,986) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara softskill terhadap pemilihan karir siswa dengan nilai thitung > ttabel (4,767 > 1,986) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan pengujian secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gender, dukungan orangtua dan softskill terhadap pemilihan karir siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (119,956 > 2,699) dan taraf Sig 0,000 < 0,05. Dengan nilai Adjusted R Square sebesar 78,5% sedangkan 21,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Gender, Dukungan Orangtua, Softskill, Pemilihan Karir
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 14 May 2024 10:33
Last Modified: 14 May 2024 10:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56247

Actions (login required)

View Item
View Item