PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA SMA

Br Sirait, Ir. Luciyana (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191131018_Cover.pdf] Text
4191131018_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4191131018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191131018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 4191131018_Abstrak.pdf] Text
4191131018_Abstrak.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4191131018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191131018_Kata_Pengantar.pdf

Download (993kB)
[thumbnail of 4191131018_Daftar_Isi.pdf] Text
4191131018_Daftar_Isi.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 4191131018_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191131018_Daftar_Tabel.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4191131018_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191131018_Daftar_Gambar.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4191131018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191131018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4191131018_BAB_I.pdf] Text
4191131018_BAB_I.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4191131018_BAB_V.pdf] Text
4191131018_BAB_V.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4191131018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191131018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul berbasis SETS (Science, Environment, Technology, And Society) pada materi sistem koloid, mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan modul berbasis SETS dalam pembelajaran dan mengetahui respon siswa terhadap modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), penyebaran (dissemination). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan yang dilaksanakan selama 7 bulan. Kelayakan modul dilihat melalui angket kelayakan ahli media dan ahli materi berdasarkan standar BSNP dengan skala likert 1 sampai 5. Data hasil validasi yang diperoleh dari ahli media dan ahli materi terhadap modul berbasis SETS memperoleh persentase rata-rata sebesar 83,58% dengan kategori valid/layak. Hasil belajar siswa diperoleh melalui perhitungan uji N-Gain yaitu sebesar 0,74 dengan kategori tinggi dan nilai rata-rata posstest siswa sebesar 84,67. Sedangkan respon siswa terhadap modul berbasis SETS memperoleh persentase rata- rata sebesar 91,24% dengan tafsiran angket sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang didapatkan peneliti dapat disimpulkan bahwa modul berbasis SETS ini sudah layak digunakan dalam pembelajaran sistem koloid dengan tingkat keberhasilan belajar siswa tinggi serta respon siswa yang termasuk kedalam kriteria sangat baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Modules, SETS, Colloidal, 4-D Model
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 04 May 2024 11:45
Last Modified: 04 May 2024 11:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56224

Actions (login required)

View Item
View Item