Br Sirait, Ir. Luciyana (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191131018_Cover.pdf
Download (70kB)
4191131018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (261kB)
4191131018_Abstrak.pdf
Download (87kB)
4191131018_Kata_Pengantar.pdf
Download (993kB)
4191131018_Daftar_Isi.pdf
Download (125kB)
4191131018_Daftar_Tabel.pdf
Download (58kB)
4191131018_Daftar_Gambar.pdf
Download (106kB)
4191131018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (63kB)
4191131018_BAB_I.pdf
Download (223kB)
4191131018_BAB_V.pdf
Download (59kB)
4191131018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (180kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul berbasis SETS (Science, Environment, Technology, And Society) pada materi sistem koloid, mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan modul berbasis SETS dalam pembelajaran dan mengetahui respon siswa terhadap modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), penyebaran (dissemination). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan yang dilaksanakan selama 7 bulan. Kelayakan modul dilihat melalui angket kelayakan ahli media dan ahli materi berdasarkan standar BSNP dengan skala likert 1 sampai 5. Data hasil validasi yang diperoleh dari ahli media dan ahli materi terhadap modul berbasis SETS memperoleh persentase rata-rata sebesar 83,58% dengan kategori valid/layak. Hasil belajar siswa diperoleh melalui perhitungan uji N-Gain yaitu sebesar 0,74 dengan kategori tinggi dan nilai rata-rata posstest siswa sebesar 84,67. Sedangkan respon siswa terhadap modul berbasis SETS memperoleh persentase rata- rata sebesar 91,24% dengan tafsiran angket sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang didapatkan peneliti dapat disimpulkan bahwa modul berbasis SETS ini sudah layak digunakan dalam pembelajaran sistem koloid dengan tingkat keberhasilan belajar siswa tinggi serta respon siswa yang termasuk kedalam kriteria sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modules, SETS, Colloidal, 4-D Model |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 04 May 2024 11:45 |
Last Modified: | 04 May 2024 11:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56224 |