Sinurat, Grace Margareth Stevany (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI S MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111035_Cover.pdf
Download (116kB)
4193111035_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (393kB)
4193111035_Abstrak.pdf
Download (333kB)
4193111035_Kata_Pengantar.pdf
Download (127kB)
4193111035_Daftar_Isi.pdf
Download (148kB)
4193111035_Daftar_Tabel.pdf
Download (178kB)
4193111035_Daftar_Gambar.pdf
Download (151kB)
4193111035_Daftar_Lampiran.pdf
Download (179kB)
4193111035_BAB_I.pdf
Download (670kB)
4193111035_BAB_V.pdf
Download (113kB)
4193111035_Daftar_Pustaka.pdf
Download (212kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah sisxva SNIA Negeri S Medan dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Software Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus: setiap siklus terdlli dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah slswa kelas X [PA 2 SNIA Negeri 8 Medan dengan jumlah 36 siswa_ Tes keterampilan pemecahan masalah siswa darl formulir observasi guru digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas X IPA 2 setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat diketahui dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi_ Pada tes kemampuan awal hanya ada 3 siswa yang mencapai nilai KK-M dengan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah 39_91 dalam kategori sangat rendah. Ketuntasan klasikal pada siklus I meningkat menjadi 25% yaitu sebanyak 9 siswa mencapal nilai KKM dengan ratarata tes dengan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 57:87 dalam kategori sedang_ Ketuntasan klaslkal juga semakin meningkat pada siklus II dengan banyak siswa yang tuntas adalah 33 siswa dan rata-rata kemampuan diperoleh 76:39 dengan tingkat kemampuan kategori tinggl. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I meningkat dari 2:81 menjadi 3:65 dalam kategori sangat baik_ Dengan meningkatnya rata-rata hasil tes dari setiap siklus dan mencapai kriteria ketuntasan klaslkal maka pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Geogebra dapat dlsimpulkan telah berlangsung dengan baik dan dapat menunjang peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SIMA Negeri S Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Geogebra; Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 04 May 2024 09:20 |
Last Modified: | 04 May 2024 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56218 |