PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI S MEDAN

Sinurat, Grace Margareth Stevany (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI S MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111035_Cover.pdf] Text
4193111035_Cover.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4193111035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 4193111035_Abstrak.pdf] Text
4193111035_Abstrak.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 4193111035_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111035_Kata_Pengantar.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4193111035_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111035_Daftar_Isi.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4193111035_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111035_Daftar_Tabel.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 4193111035_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111035_Daftar_Gambar.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 4193111035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4193111035_BAB_I.pdf] Text
4193111035_BAB_I.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of 4193111035_BAB_V.pdf] Text
4193111035_BAB_V.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4193111035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah sisxva SNIA Negeri S Medan dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Software Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus: setiap siklus terdlli dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah slswa kelas X [PA 2 SNIA Negeri 8 Medan dengan jumlah 36 siswa_ Tes keterampilan pemecahan masalah siswa darl formulir observasi guru digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas X IPA 2 setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat diketahui dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi_ Pada tes kemampuan awal hanya ada 3 siswa yang mencapai nilai KK-M dengan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah 39_91 dalam kategori sangat rendah. Ketuntasan klasikal pada siklus I meningkat menjadi 25% yaitu sebanyak 9 siswa mencapal nilai KKM dengan ratarata tes dengan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 57:87 dalam kategori sedang_ Ketuntasan klaslkal juga semakin meningkat pada siklus II dengan banyak siswa yang tuntas adalah 33 siswa dan rata-rata kemampuan diperoleh 76:39 dengan tingkat kemampuan kategori tinggl. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I meningkat dari 2:81 menjadi 3:65 dalam kategori sangat baik_ Dengan meningkatnya rata-rata hasil tes dari setiap siklus dan mencapai kriteria ketuntasan klaslkal maka pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Geogebra dapat dlsimpulkan telah berlangsung dengan baik dan dapat menunjang peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SIMA Negeri S Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Geogebra; Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 04 May 2024 09:20
Last Modified: 04 May 2024 09:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56218

Actions (login required)

View Item
View Item