Raja Gukguk, Richard Fajar (2021) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 5161131036 COVER.pdf
Download (372kB)
2 NIM 5161131036 APPROVALSHEET.pdf
Download (2MB)
3 NIM 5161131036 ABSTRACT.pdf
Download (433kB)
4 NIM 5161131036 PREFACE.pdf
Download (706kB)
5 NIM 5161131036 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (637kB)
6 NIM 5161131036 TABLES.pdf
Download (361kB)
7 NIM 5161131036 ILLUSTRATION.pdf
Download (637kB)
8 NIM 5161131036 APPENDICES.pdf
Download (358kB)
9 NIM 5161131036 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
13 NIM 5161131036 CHAPTER V.pdf
Download (949kB)
14 NIM 5161131036 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (985kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-learning Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik kelas XI di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari Instructional Media Design (Lee & Owens : 2004) yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Populasi penelitian adalah siswa Kelas XI TIPTL 1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sejumlah 32 orang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ditinjau dari aspek tampilan, aspek pemprograman, aspek pembelajaran dan apek aspek materi berdasarkan penilaian : 1) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,46 (89,2%) dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak”, 2) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,21(84,2%) dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak”, 3) Uji Skala Kecil diperoleh rata-rata skor 4,16 (83,2%) dengan kriteria kelayakan “Layak”, 4) Uji Skala Besar diperoleh rata-rata skor 4,30 (86%) dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak”. Berdasarkan penilaian tersebut produk E-learning Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle memperoleh total rata-rata skor sebesar 4,28 (85,6%) dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai media pada pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Learning; Moodle; Instalasi Penerangan Listrik |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2024 08:51 |
Last Modified: | 03 May 2024 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56213 |