ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PBL DI SMP

Ompusunggu, Maxwell (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PBL DI SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111093_Cover.pdf] Text
4193111093_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4193111093_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111093_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 4193111093_Abstrak.pdf] Text
4193111093_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4193111093_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111093_Kata_Pengantar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4193111093_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111093_Daftar_Isi.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4193111093_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111093_Daftar_Gambar.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4193111093_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111093_Daftar_Tabel.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4193111093_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111093_Daftar_Lampiran.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4193111093_BAB_I.pdf] Text
4193111093_BAB_I.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 4193111093_BAB_V.pdf] Text
4193111093_BAB_V.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4193111093_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111093_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis kesalahan, penyebab kesalahan yang dilakukan siswa pada penyelesaian permasalahan matematis melalui model PBL berdasarkan prosedur Newman, serta menemukan alternatif solusi untuk meminimalkan kesalahannya. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan Teknik random sampling. Sampel pada penelitian terdiri dari 1 kelas untuk mewakili seluruh populasi yaitu kelas VII-4 SMP Negeri 3 Pematangsiantar yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dimana setelah penelitian dilakukan dan data diperoleh dan telah terkumpul maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan tes soal berbentuk essay untuk mengetahui kesalahan siswa berjumlah 5 soal dan wawancara sebagai instrument untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa yang sebelumnya telah diajarkan menggunakan model PBL. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dengan total 107 kesalahan. didapat bahwa besar kesalahan membaca (reading) sebesar 10,3% masuk dalam kategori kecil disebabkan karena siswa tidak membaca soal, kesalahan dalam memahami masalah (comprehension) sebesar 33,6% kategori cukup tinggi disebabkan karena tidak paham akan permasalahan yang ada, kesalahan transformasi (transformasion) sebesar 25,2% kategori cukup tinggi disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa pada materi dan tidak tau rumus yang ingin digunakan, kesalahan dalam kemampuan memproses (process skill) sebesar 22,5% kategori kecil disebabkan karena siswa belum memahami konsep aljabar dan kesalahan penulisan jawaban (encoding) sebesar 8,4% masuk dalam kategori sangat kecil terjadi karena tidak ketelitian. Upaya yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan tersebut adalah dengan mebiasakan kegiatan literasi, memberikan penguatan pada siswa dalam bidang aljabar dan berlatih membahas soal-soal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis kesalahan; Pendekatan kuantitatif; Teknik random sampling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 03 May 2024 08:48
Last Modified: 03 May 2024 08:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56212

Actions (login required)

View Item
View Item