Ompusunggu, Maxwell (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PBL DI SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193111093_Cover.pdf
Download (50kB)
4193111093_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (286kB)
4193111093_Abstrak.pdf
Download (85kB)
4193111093_Kata_Pengantar.pdf
Download (83kB)
4193111093_Daftar_Isi.pdf
Download (192kB)
4193111093_Daftar_Gambar.pdf
Download (92kB)
4193111093_Daftar_Tabel.pdf
Download (92kB)
4193111093_Daftar_Lampiran.pdf
Download (91kB)
4193111093_BAB_I.pdf
Download (528kB)
4193111093_BAB_V.pdf
Download (150kB)
4193111093_Daftar_Pustaka.pdf
Download (210kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis kesalahan, penyebab kesalahan yang dilakukan siswa pada penyelesaian permasalahan matematis melalui model PBL berdasarkan prosedur Newman, serta menemukan alternatif solusi untuk meminimalkan kesalahannya. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan Teknik random sampling. Sampel pada penelitian terdiri dari 1 kelas untuk mewakili seluruh populasi yaitu kelas VII-4 SMP Negeri 3 Pematangsiantar yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dimana setelah penelitian dilakukan dan data diperoleh dan telah terkumpul maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan tes soal berbentuk essay untuk mengetahui kesalahan siswa berjumlah 5 soal dan wawancara sebagai instrument untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa yang sebelumnya telah diajarkan menggunakan model PBL. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dengan total 107 kesalahan. didapat bahwa besar kesalahan membaca (reading) sebesar 10,3% masuk dalam kategori kecil disebabkan karena siswa tidak membaca soal, kesalahan dalam memahami masalah (comprehension) sebesar 33,6% kategori cukup tinggi disebabkan karena tidak paham akan permasalahan yang ada, kesalahan transformasi (transformasion) sebesar 25,2% kategori cukup tinggi disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa pada materi dan tidak tau rumus yang ingin digunakan, kesalahan dalam kemampuan memproses (process skill) sebesar 22,5% kategori kecil disebabkan karena siswa belum memahami konsep aljabar dan kesalahan penulisan jawaban (encoding) sebesar 8,4% masuk dalam kategori sangat kecil terjadi karena tidak ketelitian. Upaya yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan tersebut adalah dengan mebiasakan kegiatan literasi, memberikan penguatan pada siswa dalam bidang aljabar dan berlatih membahas soal-soal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis kesalahan; Pendekatan kuantitatif; Teknik random sampling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 03 May 2024 08:48 |
Last Modified: | 03 May 2024 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56212 |