PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY PADA MATERI PROTISTA KELAS X MIA SMA NEGERI 6 MEDAN T.P. 2022/2023

Masitah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY PADA MATERI PROTISTA KELAS X MIA SMA NEGERI 6 MEDAN T.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192441004_Cover.pdf] Text
4192441004_Cover.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4192441004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192441004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 4192441004_Abstrak.pdf] Text
4192441004_Abstrak.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 4192441004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192441004_Kata_Pengantar.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 4192441004_Daftar_Isi.pdf] Text
4192441004_Daftar_Isi.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4192441004_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192441004_Daftar_Gambar.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4192441004_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192441004_Daftar_Tabel.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 4192441004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192441004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4192441004_BAB_I.pdf] Text
4192441004_BAB_I.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 4192441004_BAB_V.pdf] Text
4192441004_BAB_V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4192441004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192441004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Microsoft Sway pada materi protista kelas X MIA SMA Negeri 6 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 6 Medan yang berjumlah 35 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define-Design-Develop-Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media, angket respon guru, angket respon peserta didik, lembar kerja peserta didik, dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menurut validator oleh para ahli yaitu ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli media diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 92,85%, 91,67%, 87,5% dengan kategori sangat layak. Respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis Microsoft Sway tergolong sangat baik dengan persentase skor rata-rata sebesar 93,18% dan 83,3%. Kemampuan literasi sains peserta didik memperoleh persentase skor akhir sebesar 84,6% dengan kategori baik. Hasil belajar peserta didik menunjukkan kriteria tinggi dengan rata-rata N-Gain Score 0,70 sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan media pembelajaran; Microsoft Sway; Kemampuan literasi sains; Protista
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 03 May 2024 08:21
Last Modified: 03 May 2024 08:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56203

Actions (login required)

View Item
View Item