PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA

Simanjuntak, Maria Enjelita (2023) PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193131008_Cover.pdf] Text
4193131008_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4193131008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193131008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 4193131008_Abstrak.pdf] Text
4193131008_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193131008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193131008_Kata_Pengantar.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 4193131008_Daftar_Isi.pdf] Text
4193131008_Daftar_Isi.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 4193131008_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193131008_Daftar_Gambar.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4193131008_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193131008_Daftar_Tabel.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4193131008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193131008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4193131008_BAB_I.pdf] Text
4193131008_BAB_I.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4193131008_BAB_V.pdf] Text
4193131008_BAB_V.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4193131008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193131008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (274kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi dan hasil belajar kimia siswa pada materi larutan asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) berbantuan media e-modul interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SMAN 7 Medan. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan teknik random sampling dan diajarkan dengan model PjBL. Perlakuan dikelas eksperimen berbantuan e-modul interaktif sedangkan dikelas kontrol berbantuan buku paket siswa. Pengumpulan data digunakan instrumen tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 84,43 dengan gain 68,64% dan kelas kontrol sebesar 78,71 dengan gain 53,68%. Motivasi belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 81,71 sedangkan di kelas kontrol 75,29. Terdapat korelasi yang signifikan dengan kategori sedang antara motivasi dan hasil belajar siswa sebesar 19,36% . Hipotesa dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh model PjBL berbantuan media e-modul interaktif terhadap hasil belajar kimia siswa , motivasi belajar kimia siswa, dan ada korelasi antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Larutan asam; Larutan basa; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 03 May 2024 05:12
Last Modified: 03 May 2024 05:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56199

Actions (login required)

View Item
View Item