SINAMBELA, YUNI MARILLA (2020) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Properti Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5161111055 COVER.pdf
Download (68kB)
2. NIM.5161111055 APPROVAL SHEET.pdf
Download (591kB)
3. NIM.5161111055 ABSTRACT.pdf
Download (238kB)
4. NIM.5161111055 PREFACE.pdf
Download (324kB)
5. NIM.5161111055 TABLES OF CONTENT.pdf
Download (412kB)
6. NIM.5161111055 TABLES.pdf
Download (209kB)
7. NIM.5161111055 ILLUSTRATION.pdf
Download (208kB)
8. NIM. 5161111055 CHAPTER I.pdf
Download (562kB)
12. NIM. 5161111055 CHAPTER V..pdf
Download (299kB)
13. NIM.5161111055 BIBLIOGRAPHY REFERENCES.pdf
Download (347kB)
Abstract
Mata pelajaran ukur tanah merupakan salah satu pelajaran produktif yang ada di SMK khususnya jurusan teknik bisnis konstruksi properti. Kurangnya minat belajar pada mata pelajaran ukur tanah semakin diperparah oleh tidak adanya buku referensi yang dimiliki siswa. Setiap mata pelajaran yang ada di SMK Negeri 2 Medan memiliki standar nilai yang biasa disebut Kriteria Kelulusan Minimum (KKM). Nilai KKM pada mata pelajaran ukur tanah yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Belajar yang baik dapat dilihat dari hasil belajar siswa, dimana hasil belajar tersebut telah mencapai nilai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Model pembelajaran berbasis masalah adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanya dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran ukur tanah. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X BKP dengan jumlah 31 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi belajar sikap dan teknik tes. Teknik observasi belajar sikap digunakan untuk mengamati keterlaksanaan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah, dan teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosentase keterlaksanaan belajar sikap model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran ukur tanah yaitu 84.40%. Maka model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah sudah dilaksanakan dengan sangat baik sesuai dengan sintak. Untuk hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan hasil analisis data yaitu nilai maksimal tes akhir siswa pada mata pelajaran ukur tanah sebesar 100. Nilai minimal tes akhir yaitu 75. Nilai hasil belajar siswa menunjukkan hasil yang baik, ini ditunjukkan dengan tingginya persentase peserta didik yang dinyatakan tuntas belajar yaitu sebesar 88,45%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar pengetahuan dan sikap |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA703 Engineering geology. Rock mechanics. Soil mechanics. Underground construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2024 01:36 |
Last Modified: | 03 May 2024 01:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56169 |