Sianturi, Indah Shaniah Br. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Mekanika Teknik Pada Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162311003 COVER.pdf
Download (39kB)
2. NIM. 5162311003 APPROVAL SHEET.pdf
Download (284kB)
3. NIM. 5162311003 ABSTRACT.pdf
Download (210kB)
4. NIM. 5162311003 PREFACE.pdf
Download (221kB)
5. NIM. 5162311003 TABEL OF CONTENT.pdf
Download (164kB)
6. NIM. 5162311003 TABELS.pdf
Download (32kB)
7. NIM. 5162311003 ILLUSTRATION.pdf
Download (31kB)
8. NIM. 5162311003 APPENDICES.pdf
Download (101kB)
9. NIM. 5162311003 CHAPTER I.pdf
Download (488kB)
13. NIM. 5162311003 CHAPTER V.pdf
Download (241kB)
14. NIM. 5162311003 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (59kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Experimen yang bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Teknik. Model Pembelajaran yang penulis gunakan dalam penelitian ini diterapkan pada dua kelas dan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan pada semester I tahun pelajaran 2020/2021. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa yang berasal dari kelas X DPIB. Kelas-kelas tersebut dibagi berdasarkan metode untuk memperoleh data. Kelas pertama adalah kelas experiment dan kelas konvensional. Ada empat jenis hasil belajar yang akan diamati dari kelas tersebut yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Pada uji coba tes hasil belajar pada kelas experimen dapat dilihat skor rata-rata berada pada kelas ke 4 dengan jumlah siswa 6 orang (18,18%), sebanyak 19 orang (57,57%) siswa yang berada pada kelas di bawah skor rata-rata (kelas ke 1, 2 dan 3) dan sebanyak 8 orang (24,24%) siswa yang berada pada kelas di atas skor rata-rata. Sedangkan pada kelas konvensional dapat dilihat skor rata-rata berada pada kelas ke 4 dengan jumlah siswa 2 orang (6,06%), sebanyak 25 orang (75,75%) siswa yang berada pada kelas di bawah skor rata-rata (kelas ke 1, 2 dan 3) dan sebanyak 6 orang (18,18%) siswa yang berada pada kelas di atas skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada kelas experimen dengan nilai rata-rata 87,90 dan pada kelas konvensional dengan nilai rata-rata 77,33. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulan yang dapat diambil adalah pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DPIB mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Mekanika Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2024 01:06 |
Last Modified: | 03 May 2024 01:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56166 |