Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Kelas X

Hutagalung, Juli Elprida (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Kelas X. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5173351019 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5173351019 COVER.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5173351019 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5173351019 APPROVAL SHEET.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5173351019 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5173351019 ABSTRACT.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5173351019 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5173351019 PREFACE.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5173351019 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5173351019 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 6. NIM. 5173351019 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5173351019 TABLES.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5173351019 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5173351019 ILLUSTRATION.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5173351019 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5173351019 APPENDICES.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5173351019 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5173351019 CHAPTER I.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5173351019 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5173351019 CHAPTER V.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5173351019 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5173351019 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Untuk mengembangkan media pembelajaran
berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan untuk
siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan kelas X dan untuk mengetahui
kelayakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran
komputer dan jaringan dasar untuk siswa Teknik Komputer dan Jaringan kelas X.
Serta dapat mengetahui hasil belajar siswa melalui uji efektifitasnya. Adapun
metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan
(Research and Development (R&D). Prosedur pembuatan media ini meliputi: (1)
Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi
Desain, (5) Perbaikan Desain. Data pada penelitian ini diperoleh melalui
instrument yang diadaptasi dari Sriadhi: 2018, yang terdiri dari ahli materi, ahli
media, praktisi pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah : (1) pembuatan media
memiliki langkah-langkah meliputi: mecari materi yang ingin dijelaskan dan
membuat desain produk, penilaian media oleh ahli media dan ahli materi serta
praktisi pembelajaran, validasi dan revisi. (2) Hasil kelayakan media berbasis
Augmented Reality sebagai berikut: penilaian ahli media memperoleh nilai 4,49
dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi memperoleh nilai 4,74 dengan
kategori sangat layak, validasi dari praktisi pembelajaran memperoleh rata-rata
sebesar 4,24 dengan kategori sangat layak. Maka diperoleh kesimpulan media yang
dikembangkan layak untuk digunakan. (3) Hasil uji efektifitas pada penggunaan
media pembelajaran berbasis Augmented Reality lebih baik dibandingkan dengan
yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang
dapat dilihat dari hasil perbandingan hasil rata-rata posttest, thitung > ttabel 5,306 >
1,686. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dapat diambil kesimpulan bahwa
nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan media pembelajaran; Augmented Reality; Komputer; Jaringan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T173.2 Technological change
T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 02 May 2024 09:42
Last Modified: 02 May 2024 09:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56164

Actions (login required)

View Item
View Item