Hutagalung, Juli Elprida (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan Kelas X. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173351019 COVER.pdf
Download (136kB)
2. NIM. 5173351019 APPROVAL SHEET.pdf
Download (639kB)
3. NIM. 5173351019 ABSTRACT.pdf
Download (327kB)
4. NIM. 5173351019 PREFACE.pdf
Download (466kB)
5. NIM. 5173351019 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (1MB)
6. NIM. 5173351019 TABLES.pdf
Download (296kB)
7. NIM. 5173351019 ILLUSTRATION.pdf
Download (297kB)
8. NIM. 5173351019 APPENDICES.pdf
Download (297kB)
9. NIM. 5173351019 CHAPTER I.pdf
Download (797kB)
13. NIM. 5173351019 CHAPTER V.pdf
Download (351kB)
14. NIM. 5173351019 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (266kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan : Untuk mengembangkan media pembelajaran
berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran komputer dan jaringan untuk
siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan kelas X dan untuk mengetahui
kelayakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran
komputer dan jaringan dasar untuk siswa Teknik Komputer dan Jaringan kelas X.
Serta dapat mengetahui hasil belajar siswa melalui uji efektifitasnya. Adapun
metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan
(Research and Development (R&D). Prosedur pembuatan media ini meliputi: (1)
Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi
Desain, (5) Perbaikan Desain. Data pada penelitian ini diperoleh melalui
instrument yang diadaptasi dari Sriadhi: 2018, yang terdiri dari ahli materi, ahli
media, praktisi pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah : (1) pembuatan media
memiliki langkah-langkah meliputi: mecari materi yang ingin dijelaskan dan
membuat desain produk, penilaian media oleh ahli media dan ahli materi serta
praktisi pembelajaran, validasi dan revisi. (2) Hasil kelayakan media berbasis
Augmented Reality sebagai berikut: penilaian ahli media memperoleh nilai 4,49
dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi memperoleh nilai 4,74 dengan
kategori sangat layak, validasi dari praktisi pembelajaran memperoleh rata-rata
sebesar 4,24 dengan kategori sangat layak. Maka diperoleh kesimpulan media yang
dikembangkan layak untuk digunakan. (3) Hasil uji efektifitas pada penggunaan
media pembelajaran berbasis Augmented Reality lebih baik dibandingkan dengan
yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang
dapat dilihat dari hasil perbandingan hasil rata-rata posttest, thitung > ttabel 5,306 >
1,686. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dapat diambil kesimpulan bahwa
nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran; Augmented Reality; Komputer; Jaringan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T173.2 Technological change T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 02 May 2024 09:42 |
Last Modified: | 02 May 2024 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56164 |